PS5 dan Xbox Series S Masuk Daftar Penemuan Terbaik 2020

Kompas.com - 25/11/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi PS5 dengan controller DualSense. TechspotIlustrasi PS5 dengan controller DualSense.

KOMPAS.com - Dua konsol next-gen yang belum lama ini diperkenalkan, PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series S masuk dalam daftar penemuan terbaik tahun ini. Majalah Time memasukkan PS5 dan Xbox Series S ke dalam daftar "100 Best Inventions of 2020" untuk kategori entertainment.

PS5 dan Xbox Series S masuk dengan penemuan terbaik lainnya seperti game Animal Crossing New Horizons hingga kartu grafis Nvidia GeForce Now.

Time mendefinisikan PS5 sebagai konsol modern berteknologi tinggi, berkat kehadiran solid-state drive ( SSD) sebagai media penyimpanan konsol serta prosesor grafis 10 kali lebih cepat dari PS4.

Dalam ulasannya, sang penulis artikel Time, Matthew Gault, juga menggarisbawahi kemampuan PS5 dalam menyuguhkan kualitas grafis yang menakjubkan.

Baca juga: Beli PS5 Malah Dikirimi Beras dan Makanan Kucing

Selain itu, kemampuan Haptic feedback yang hadir pada controller DualSense dinilai dapat memberikan sensasi bermain yang berbeda-beda, misalnya getaran ketika pemain sedang mendengar gemuruh kereta atau berjalan di atas pasir.

Berbagai kemampuan tersebut dibuktikan dalam performa yang disuguhkan salah satu game perdana PS5, yakni Spider-Man: Miles Morales.

"Dengan semua kemampuan tadi, ini (PS5) mungkin merupakan konsol video game paling powerful yang pernah kami saksikan," tulis Gault sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Time, Rabu (25/11/2020).

Sementara untuk Xbox Series S, Matthew mengatakan, salah satu yang menjadi andalan dari konsol ini adalah adanya layanan Xbox Game Pass. Dengan layanan ini, pengguna Xbox bisa memainkan ratusan game secara gratis dengan cara berlangganan layanan setiap bulan.

Selain itu, Xbox Series S dinilai lebih baik daripada Xbox Series X. Sebab, tidak tersedianya disk drive di Xbox Series S membuat konsol ini lebih senyap dan enak dimainkan.

"Xbox Series S berjalan dengan senyap hampir tanpa suara. Membuat pengguna lebih mudah berkonsentrasi," kata Matthew.

Baca juga: Xbox Series S Disebut Lebih Murah tapi Lebih Kencang dari PS5

Sebagai informasi, PS5 telah resmi diluncurkan secara global pada 19 November lalu dan akan menyambangi Indonesia.

PS5 dapat dipesan secara resmi di Indonesia mulai 18 Desember 2020. Soal harga, PS5 dibanderol harga Rp 7,3 juta untuk versi digital dan Rp 8,8 juta untuk versi standar.

Meski sudah dapat dipesan mulai 18 Desember 2020, namun unit konsol akan mulai dikirim kepada pembeli dan bisa dibeli secara offline mulai 22 Januari 2021.

Sementara Xbox Series S dijual dengan harga 299 dollar AS atau setara Rp 4,4 juta.



Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X