Twitter Kembali Buka Pengajuan Verifikasi "Centang Biru" pada 2021

Kompas.com - 25/11/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi akun Twitter CNNIlustrasi akun Twitter

KOMPAS.com - Setelah ditangguhkan selama kurang lebih tiga tahun, Twitter akhirnya bakal kembali membuka pengajuan verifikasi akun, alias pemberian tanda "centang biru".

Hal tersebut diumumkan perusahaan asal San Francisco, California, AS itu melalui blog dan akun resminya di Twitter.

Berdasarkan kedua informasi ini, beragam akun Twitter bakal bisa mendapatkan ikon "centang biru" pada 2021 mendatang.

"Kami berencana meluncurkan kembali proses verifikasi, termasuk proses permohonan verifikasi untuk publik, pada awal tahun 2021," ujar pihak Twitter, dikutip KompasTekno dari BlogTwitter, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Awas, Postingan Twitter Fleets Bisa Dilihat dan Diunduh walau Lewat 24 Jam

Meski demikian, Twitter belum menyebut tanggal pasti, kapan pengajuan akun terverifikasi itu akan kembali dibuka kembali.

Pihak Twitter melanjutkan, bakal ada enam kategori "Notable Accounts" yang bisa mengikuti proses verifikasi dan mendapatkan lambang "verified" di Twitter. Keenam kategori akun tersebut adalah:

1. Akun lembaga pemerintah
2. Akun Perusahaan, merek dan organisasi non-profit
3. Akun Media
4. Akun Hiburan
5. Akun Olahraga
6. Akun aktivis, penyelenggara, dan Individu berpengaruh lainnya.

Keenam kategori ini juga punya syaratnya masing-masing. Untuk kategori lembaga pemerintah, misalnya, akun Twitter yang ingin diverifikasi harus mencantumkan situs resmi pemerintah, dijadikan referensi di beragam media publikasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk kategori media, akun Twitter-nya harus dipenuhi dengan beragam twit yang berisikan tautan kepada situs media terkait. Adapun nama situs tersebut kurang lebih harus sama dengan nama akunnya.

Informasi mengenai syarat lengkap keenam kategori akun tersebut bisa disimak di tautan berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X