Guru SD Pakai Konsep Game "Among Us" untuk Mengajar Matematika

Kompas.com - 25/11/2020, 17:42 WIB
Ilustrasi game Among Us Inner SlothIlustrasi game Among Us

KOMPAS.com - Popularitas game Among Us menarik minat seorang guru matematika sekolah dasar (SD) di California, AS, menggunakan konsep dalam game itu untuk mengajar.

Howie Hua yang mengajar matematika melalui Zoom, karena pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, menyiapkan soal matematika dasar yang berbeda dari metode-metode sebelumnya.

Hua menaruh empat jawaban pada masing-masing gambar crewmate. Para murid kemudian diberi tugas untuk memilih satu jawaban yang salah dari empat gambar crewmate yang tersedia.

Baca juga: Among Us Jadi Game Paling Populer Kalahkan PUBG Mobile

Jawaban yang salah itu dianggap seolah-olah menjadi impostor. Secara mengejutkan, para siswa melontarkan kalimat jawaban yang unik. Mereka dengan antusias mencari sang impostor dengan melontarkan istilah-istilah khas game Among Us.

"Si putih terlihat mencurigakan," begitu kata salah satu murid Hua. "Saya melihat si putih muncul dari ventilasi," timpal murid lainnya. "Jadi kita akan memilih si putih?," tanya seorang murid Hua.

Momen lucu tersebut kemudian Hua bagikan melalui akun Twitter pribadinya. Meski bukan suatu langkah yang besar, namun Hua mengaku merasa senang karena dapat menerapkan metode belajar yang baru dan mengasyikkan.

Hua pun menyarankan kepada guru lainnya untuk menerapkan konsep pembelajaran serupa, guru dapat menciptakan suasana belajar yang tidak monoton dan lebih produktif.

Guru-guru lain juga dilaporkan banyak menggunakan tema Among Us saat mengajar, seperti saat membuat presentasi, membuat game sederhana dari Google Slide, atau memberi tugas dengan tema tersebut.

Baca juga: Bing Bisa Pecahkan Soal Matematika dengan Foto

Terlepas dari umurnya yang sudah menginjak 2 tahun, game Among Us terus naik daun. Menurut perusahaan riset aplikasi, Sensor Tower, game besutan Innersloth ini telah diunduh sekitar 217 juta kali di perangkat Android maupun iOS.

Dengan pencapaian tersebut, Among Us berhasil menggeser deretan game mobile populer lainnya seperti Subway Surfers, Join Clash 3D, dan Garena Free Fire, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Venture Beat, Rabu (25/11/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X