Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Siapkan Ponsel Layar Lipat dengan Kamera "Pop-up"

Kompas.com - 26/11/2020, 09:33 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) tampaknya semakin dilirik oleh para vendor smartphone, termasuk Xiaomi.

Seolah tak mau ketinggalan, perusahaan asal China ini telah mematenkan sebuah desain ponsel layar lipat.

Keberadaan paten berisi konsep perangkat Xiaomi itu diungkap oleh situs teknologi asal Belanda, Let's Go Digital. Situs tersebut mengatakan bahwa Xiaomi mengajukan patennya ke WIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Dunia) pada September 2020 lalu.

Berbeda dengan foldable phone yang sudah beredar di pasar, desain yang dipatenkan Xiaomi, memperlihatkan rancangan perangkat dengan modul kamera pop-up di bagian depan layar.

Baca juga: Ponsel Gaming Lenovo Punya Kamera Pop-up Unik, Letaknya di Samping

Modul kamera pop-up itu konon berisi dua lensa yang difungsikan sebagai kamera depan.

Paten ponsel layar lipat Xiaomi dengan modul kamera pop upLetsGoDigital Paten ponsel layar lipat Xiaomi dengan modul kamera pop up
Jika dilihat dari desainnya, bagian belakang ponsel sepintas tampak mirip seperti Samsung Galaxy Fold pertama yang diluncurkan pada September 2019 lalu.

Ponsel lipat yang dipersiapkan Xiaomi ini dilipat ke bagian dalam. Dalam keadaan dilipat, ponsel tersebut menyisakan layar yang lebih kecil di bagian luar.

Meski mengusung mekanisme lipatan yang sama, namun, dimensi ketebalan ponsel ini tampak berbeda dengan Galaxy Fold.

Baca juga: Inikah Calon Ponsel Layar Lipat Xiaomi yang Mirip Galaxy Fold?

Selain itu, paten juga memperlihatkan wujud ponsel dari segala sisi. Ponsel ini bisa dibilang memiliki bezel layar bagian dalam yang cukup tipis.

Paten ponsel layar lipat Xiaomi dengan modul kamera pop upLetsGoDigital Paten ponsel layar lipat Xiaomi dengan modul kamera pop up
Di sisi kanan bodi ponsel terdapat dua tombol fisik yang diyakini merupkana tombol power dan tombol pengaturan volume.

Pada bagian punggung, tertanam tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Kamis (26/11/2020). 

Kendati demikian belum diketahui seperti apa spesifikasi dari ponsel tersebut. Sebab, desain ini baru sebatas pengajuan paten semata, dan belum dapat dipastikan apakah desain tersebut akan benar-benar direalisasikan Xiaomi.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Dikabarkan Bakal Meluncur Lebih Awal

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi memang benar-benar serius menggarap ponsel layar lipat dengan modul kamera pop up sesuai dengan paten yang telah diajukannya tersebut.

Untuk diketahui, mekanisme kamera pop-up ini sudah digunakan Xiaomi pada ponsel Redmi K20/ Mi 9T.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com