Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Zoom Gratis Tidak Dibatasi 40 Menit Hari Ini

Kompas.com - 26/11/2020, 11:29 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19, popularitas aplikasi video conference Zoom kian meroket. Zoom banyak digunakan sebagai sarana tatap muka untuk bekerja hingga mendukung kegiatan belajar mengajar secara online.

Zoom bisa digunakan dengan gratis, namun, durasi video conferencing dibatasi hanya 40 menit dan jumlah partisipan dalam satu sesi hanya berisi maksimal 100 orang.

Apabila ingin mendapatkan akses lebih, pengguna bisa meningkatkan level akun menjadi "Pro". Setiap bulannya, pengguna level "Pro" akan dikenakan tarif berlangganan sebesar 15 dollar AS atau sekitar Rp 212.000.

Namun, hari ini Kamis (26/11/2020) pukul 00.00 dini hari waktu AS (ET) atau 12.00 WIB, Zoom akan memberikan akses tak terbatas (unlimited) untuk semua penggunanya, termasuk pengguna gratis.

Baca juga: Zoom Rilis Fitur Keamanan Penangkal Zoombombing

Kebijakan ini berlaku hingga 27 November pukul 06.00 ET atau 18.00 WIB. Program gratis ini diadakan sebagai bentuk upaya Zoom dalam rangka merayakan momen Hari Pernyataan Terima Kasih atau Thanksgiving di Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, program ini berlaku untuk pengguna global. Pengguna di Indonesia juga bisa mencicipi fitur akun premium ini.

"Sebagai ucapan rasa terima kasih kepada pelanggan, kami akan mencabut batas meeting 40 menit bagi seluruh pengguna (Basic) secara global," tulis pihak Zoom.

Adapun benefit yang diberikan oleh Zoom memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan video tanpa batasan waktu.

Perlu diingat bahwa program ini hanya bersifat sementara saja. Setelah tenggat waktu yang ditentukan berakhir, pengguna Zoom gratis akan kembali mendapatkan batasan waktu panggilan video conference dengan durasi waktu 40 menit.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Fitur Keamanan Enkripsi End-to-end di Zoom

Zoom sendiri termasuk yang paling banyak dipakai semenjak kebijakan work from home (WFH) diterapkan di berbagai belahan dunia.

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (26/11/2020), Google Play Store mencatat total unduhan Zoom yang mencapai angka 500 juta kali pemasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com