Hangouts Tidak Bisa Dipakai Video Call Beramai-ramai Lagi

Kompas.com - 26/11/2020, 12:26 WIB
Aplikasi Google Hangouts IstAplikasi Google Hangouts

KOMPAS.com - Google tampaknya terus mendorong pengguna yang gemar melakukan video telekonferensi, atau sekadar "nongkrong" melalui percakapan video (video call), untuk memakai layanan Meet.

Hal ini terindikasi dari langkah Google yang menyematkan ikon "Meet" di dalam aplikasi Gmail beberapa waktu lalu. Kini, Goggle kembali menyertakan fitur Meet di aplikasi besutan perusahaan lainnya, yakni Hangouts.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di aplikasi Hangouts versi teranyar (36.0.340725045), Kamis (26/11/2020), pengguna bakal disuguhi banner yang menginformasikan bahwa layanan video call di aplikasi tersebut kini bakal mengandalkan Meet.

Baca juga: Cara Membuat Latar Belakang Jadi Buram di Google Meet Versi PC

Benar saja. Ketika fitur video call dijajal, Hangouts akan otomatis membagikan tautan (link) ruangan virtual Meet.

Tautan tersebut akan disalin secara otomatis ke kolom ketik chat apabila pengguna meng-klik ikon "video call" di jendela percakapan grup, seperti ilustrasi gambar berikut.

Video call di Hangouts kini menggunakan Meet.KOMPAS.com/Bill Clinten Video call di Hangouts kini menggunakan Meet.

Meski demikian, pengguna Hangouts ternyata masih bisa memanfaatkan fitur video call yang terintegrasi dengan aplikasi tersebut. Namun, fitur tersebut terbatas untuk panggilan video tatap muka dengan satu orang saja (one-on-one).

Di jendela percakapan one-on-one, pengguna sejatinya juga bisa menggunakan fitur Meet untuk melakukan video call. Hal ini bisa dilakukan apabila mereka meng-klik menu baru yang bernama "Share a Meet video call link".

Baca juga: Cara Video Call 50 Orang di WhatsApp Web via Messenger Rooms

Dengan menggunakan layanan Meet, pengguna Hangouts sejatinya bisa memanfaatkan sejumlah fitur video call yang sebelumnya tidak tersedia di aplikasi tersebut.

Di antaranya seperti fitur Live Captions untuk memunculkan subtitle secara langsung ketika seseorang sedang berbicara, Screen Sharing untuk membagikan layar yang sedang dilihat, dan lain sebagainya.

Adapun jumlah partisipan maksimal untuk melakukan percakapan video di Hangouts mencapai 10 orang untuk pengguna gratisan, atau 25 orang untuk pelanggan Workspace, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Kamis (26/11/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X