Laptop dengan CPU Intel "Tiger Lake" Mulai Dipasarkan di Indonesia

Kompas.com - 26/11/2020, 12:49 WIB
Director of Retail Sales, Asia Pacific & Japan Territory, Intel Corporation, Thomas Tapsas, dalam acara peluncuran virtual prosesor Intel Core generasi ke-11, Kamis (26/11/2020). KOMPAS.com/Bill ClintenDirector of Retail Sales, Asia Pacific & Japan Territory, Intel Corporation, Thomas Tapsas, dalam acara peluncuran virtual prosesor Intel Core generasi ke-11, Kamis (26/11/2020).

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan secara global beberapa waktu lalu, prosesor (CPU) Intel Core generasi ke-11 resmi dirilis di pasar Indonesia.

"Prosesor Intel Core Tiger Lake bakal mulai tersedia di negara Anda (Indonesia) lewat enam mitra OEM ternama mulai November ini," ujar Sales Director, Asia Pacific & Japan Territory, Client Computing Group, Intel Corporation, Moushumi Mazumdar dalam acara peluncuran virtual, Kamis (26/11/2020).

Keenam original equipment manufacturer (OEM) yang dimaksud adalah Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI. Produk-produk komputer portabel tipis anyar dari keenam OEM tersebut yang mengusung CPU Intel Tiger Lake mulai dipasarkan bulan ini juga.

Baca juga: Intel Umumkan Jajaran Prosesor Tiger Lake Baru untuk Laptop

Intel mengklaim bakal ada sekitar 150 perangkat komputer portabel bikinan para vendor ternama di beberapa negara, termasuk Indonesia, yang dipasarkan mulai November ini.

Director of Retail Sales Asia Pacific & Japan Territory, Intel Corporation, Thomas Tapsas, mengatakan bahwa deretan CPU yang dijuluki "Tiger Lake" itu kini dibekali dengan sejumlah teknologi baru yang didesain khusus untuk laptop tipis dan ringan.

Ilustrasi performa prosesor Intel Core generasi ke-11.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi performa prosesor Intel Core generasi ke-11.

Salah satunya adalah proses fabrikasi CPU yang kini menggunakan teknologi "10 nm SuperFin". Dengan teknologi tersebut, Intel mengklaim performa prosesor teranyarnya itu lebih kencang 20 persen dibanding generasi sebelumnya (generasi ke-10/Ice Lake).

CPU tersebut lantas dipadankan dengan kartu grafis (GPU) terintegrasi anyar yang disebut "Intel Iris Xe". Dibanding pendahulunya, GPU ini menjanjikan peningkatan performa gaming hingga 2x lipat dan kinerja AI hingga 5x lipat.

Baca juga: Baterai MacBook Lebih Awet Setelah Pakai Chip M1, Apa Kata Intel?

"Prosesor Intel Core generasi ke-11 mengintegrasikan arsitektur CPU terbaru dengan GPU Intel Xe anyar yang bisa menghasilkan performa mumpuni," ujar Thomas dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, prosesor Intel Core generasi ke-11 ini juga mendukung beragam fitur kekinian, seperti konektor Thunderbolt 4, konektivitas WiFi 6, dan slot PCI Express (PCIe) 4.0 terintegrasi yang diklaim pertama di dunia untuk segmen mobile.

Ada pula dukungan display dengan resolusi mencapai 8K HDR, dengan opsi penggunaan empat buah layar beresolusi 4K HDR secara bersamaan.

Intel Core generasi ke-11 juga menjadi prosesor mobile pertama yang dibekali dengan PCIe 4.0 terintegrasi, memungkinkan (vendor) memasang komponen SSD super cepat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X