Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menelusuri Jejak Maradona di Video Game

Kompas.com - 26/11/2020, 19:45 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Explica

KOMPAS.com - Dunia olahraga sepak bola tengah dirundung duka. Pemain legendaris asal Argentina, Diego Maradona, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020) malam WIB di usia 60 tahun.

Terlepas dari kiprahnya di dunia sepak bola sebagai pemain profesional, jejak Maradona ternyata juga bisa ditemui di dunia virtual melalui sejumlah judul game.

Dalam dunia video game modern, sosok yang akrab dengan julukan "Tangan Tuhan" karena aksinya di Piala Dunia 1986 itu kini bisa ditemui di dua game sepak bola ternama, sebut saja seperti FIFA 21 dan eFootball PES 2021 Season Update.

Baca juga: Game FIFA 21 Dirilis untuk PS4, Xbox, Nintendo Switch, dan PC

Namun, jauh sebelum kehadiran resminya di kedua game tersebut, nama pria kelahiran 30 Oktober 1960 ini ternyata pernah muncul di beberapa game lawas.

Bahkan, "Fluff", nama panggilan Maradona yang diberi ayahnya (Don Diego), sempat "menyerang" pengembang game asal Jepang, Konami lantaran namanya dipakai di beberapa video game sepak bola tanpa izin.

Berikut ini jejak perjalanan Maradona di dalam video game.

"Kemunculan" pertama

Ilustrasi game Peter Shiltons Handball Maradona.Explica.co Ilustrasi game Peter Shiltons Handball Maradona.
Kemunculan perdana "The Golden Boy" di dunia video game diawali dengan game berjudul Peter Shilton's Handball Maradona.

Game yang berjalan di konsol lawas Commodore 64, Amstrad CPC, dan ZX Spectrum ini memparodikan momen gol "Tangan Tuhan" Maradona yang sebenarnya merupakan pelanggaran handball.

Pemain pun bakal berperan sebagai Peter Shilton, penjaga gawang tim nasional Inggris, untuk menjaga bola yang dilancarkan "Maradona" agar tidak gol.

Meski penendang bola di game ini tidak mirip dengan Maradona, game ini bisa dibilang merupakan referensi awal kemunculan Fluff di dunia game.

Sebab, selain ada embel-embel "Maradona" di judul game, terdapat nama penjaga gawang Peter yang kala itu memang dibobol oleh Maradona dengan gol ajaibnya.

Tampilan Maradona di Seibu Cup Soccer.Explica.co Tampilan Maradona di Seibu Cup Soccer.

Selain game itu, sosok yang menyerupai The Golden Boy juga sempat dijadikan referensi Maradona di game sepak bola bikinan Seibu Kaihatsu, Seibu Cup Soccer yang dirilis sekitar tahun 1990 untuk mesin arcade.

Berbeda dengan Peter Shilton's Handball Maradona, game ini justru tidak menampilkan nama, melainkan hanya pemainnya saja yang memang memiliki tampilan yang menyerupai Maradona.

Baca juga: Ucapan Belasungkawa untuk Diego Maradona Mengalir di Twitter

Sebab, si karakter pemain disebutkan berasal dari Argentina, lalu memiliki gaya rambut keriting afro, serta memiliki nomor punggung "10", yang merupakan nomor jersey Fluff di tim nasional Argentina.

Namanya diganti

Halaman:
Sumber Explica


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com