Mengenal Chris Hughes, Sosok Pendiri Sekaligus Penentang Facebook

Kompas.com - 26/11/2020, 20:35 WIB
Chris Hughes co-founder Facebook. Olivia Michael/CNBCChris Hughes co-founder Facebook.

KOMPAS.com - Tanggal 26 November adalah ulang tahun Chris Hughes. Pria yang lahir di Hickory, North Carolina, 37 tahun yang lalu ini mendirikan jejaring sosial Facebook bersama teman sekamarnya semasa kuliah, Mark Zuckerberg.

Keduanya merintis Thefacebook.com bersama kawan-kawan lain yakni Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Andrew McCollum. Putra dari pasangan Arlen "Ray" Hughes dan Brenda Hughes ini dibesarkan di tanah kelahirannya.

Setelah lulus dari Philips Academy di Andover, Massachusetts, Hughes melanjutkan studinya di Harvard College jurusan sejarah dan sastra Inggris. Di kampus inilah Hughes dan Zuckerberg dipertemukan.

Tidak dropout

Keduanya bersua saat masih menjadi mahasiswa baru di salah satu universitas Ivy League itu, tepatnya tahun 2002 silam. Bersama Zuckerberg dkk, dia bertanggung jawab dalam uji coba beta Facebook yang dulu baru digunakan di internal kampus Harvard saja.

Karena bukan ahli di bidang IT, Hughes tidak ikut campur dalam urusan coding. Dia lebih fokus pada fungsionalitas dan penggunaan Facebook agar bisa lebih nyaman bagi penggunanya.

Baca juga: Jumlah Hoaks di Indonesia Meningkat, Terbanyak Menyebar lewat Facebook

Dia juga ikut menangani pengembangan beberapa fitur Facebook yang membuka fungsinya agar bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna. Hughes yang memiiki julukan "the Empath" pun dipercaya sebagai juru bicara Facebook kala itu.

Pada libur musim panas tahun 2004, dia, Zuckerberg, dan Moskovitz pergi ke Palo Alto. Setelah libur musim panas usai, Zuck dan Moskovitz menetap di Palo Alto. 

Berbeda dengan dua kawannya itu yang kemudian dropout dari kampus, Hughes memilih kembali ke Harvard untuk menuntaskan studi. Dia lulus strata satu dengan gelar magna cum laude dari Universitas Harvard.

Setelah lulus, Hughes kembali menemui Zuck dan Moskovitz yang masih menetap di Palo Alto dan melanjutkan kiprahnya di Facebook. Hughes pun kembali terlibat pengembangan Facebook bersama mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X