Cara Download Foto dan Video dari Google Photos

Kompas.com - 30/11/2020, 08:21 WIB
ilustrasi Google Photos businessinsider.comilustrasi Google Photos
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada 1 Juni 2021 mendatang, Google Photos tak lagi memberikan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) secara cuma-cuma untuk menyimpan foto dan video.

Alih-alih unlimited, media penyimpanan (storage) Google Photos bakal disatukan dengan storage 15 GB yang sudah tersedia secara gratis bagi seluruh akun Google.

Artinya, beragam foto dan video pengguna akan "berdesak-desakan" dengan berbagai data dari layanan Google lainnya, seperti Drive, Gmail, Keep Notes, Sheets, dll.

Apabila kurang, storage 15 GB tersebut bisa diperluas dengan Google One yang dibanderol dengan harga termurah Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB.

Bagi Anda yang tidak ingin merogoh kocek, tentunya ini kabar yang cukup mengejutkan. Terlebih, apabila Anda selama ini mengandalkan Google Photos untuk menyimpan foto dan video.

Baca juga: Tahun Depan, Penyimpanan Unlimited di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Nah, sebelum peraturan baru ini berlaku, Anda bisa mencadangkan (backup) data Google Photos Anda terlebih dahulu ke media penyimpanan lain, seperti ke komputer atau laptop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, aneka foto dan video yang biasanya memiliki ukuran besar tersebut tidak memakan storage yang kapasitasnya "hanya" 15 GB.

Untuk itu, pengguna harus mengunduh (download) foto dan video yang sudah tersimpan di Google Photos. Bagaimana caranya?

Cara mencadangkan foto di Google Photos pakai Google Takeout.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mencadangkan foto di Google Photos pakai Google Takeout.
Pertama-tama, kunjungi halaman Google Takeout melalui tautan berikut ini. Halaman ini bisa diakses melalui desktop maupun mobile. Kemudian, masuk menggunakan akun Google Anda.

Setelah itu, gulirkan (scroll) layar ke bawah dan tandai kotak centang (checkbox) "Google Photos". Anda juga bisa menandai kotak centang pada layanan Google lainnya untuk mencadangkan beragam data yang tersimpan di sana.

Baca juga: Ini 5 Layanan Penyimpanan Foto Alternatif Google Photos

Halaman:


Sumber Phandroid
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.