Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Virtual Facebook Libra Dikabarkan Hadir Awal 2021

Kompas.com - 30/11/2020, 14:08 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Setelah sempat ditunda, mata uang virtual bikinan Facebook, Libra, dikabarkan bakal hadir pada awal 2021. Kembalinya Libra kemungkinan akan turut diiringi oleh sejumlah penyesuaian.

Libra Association, konsorsium berisi 27 anggota yang dibentuk oleh Facebook, awalnya berniat merilis cryptocurrency dengan nilai berdasar beberapa mata uang.

Namun, hal ini ternyata mengundang kekhawatiran bank-bank sentral dan para regulator sehingga Libra Association kemudian memutuskan untuk membuat membuat alternatif berupa stablecoin.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Libra, Mata Uang Kripto yang Dirilis Facebook

Stablecoin adalah cryptocurrency yang didasarkan pada mata uang tertentu sehingga nilainya tidak berfluktuasi terhadap mata uang tersebut. Misalnya, nilai stablecoin berbasis dollar AS akan tetap sebesar 1 dollar AS.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Senin (30/11/2020), stablecoin Libra pun akan bersaing dengan stablecoin lain seperti USDC, PAX, dan Tether (USDT).

Libra Association kabarnya akan turut membuat stablecoin berbasis mata uang berbeda seperti euro, poundsterling, atau dollar Singapura di kemudian waktu, berikut cryptocurrency jenis lain.

Jadwal kehadiran Libra masih belum jelas karena sedang menunggu persetujuan dari otoritas pengawas finansial Swiss untuk beroperasi sebagai layanan pembayaran. Namun, sumber industri menyebutkan bahwa Libra secepat-cepatnya bisa meluncur pada Januari 2021.

Baca juga: Visa dan Mastercard Tinggalkan Libra, Proyek Mata Uang Kripto Facebook

Facebook kemungkinan akan merilis dompet digital Libra di waktu bersamaan, yakni Calibra yang pada Mei lalu dinamai ulang sebagai Novi.

Selain lewat aplikasi standalone, pengguna Facebook kemungkinan akan bisa mengelola akun Novi dari aplikasi Facebook dan Messenger.Z

Libra Association diketahui turut beranggotakan perusahaan penyedia layanan digital seperti Spotify, Uber, Lyft, Shopify, dan Farfetch. Belum jelas apakah mereka akan turut mengadopsi Libra dalam waktu dekat atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com