Uang Virtual Facebook Libra Dikabarkan Hadir Awal 2021

Kompas.com - 30/11/2020, 14:08 WIB
Mata uang kripto Facebook bernama Libra Tech CrunchMata uang kripto Facebook bernama Libra

KOMPAS.com - Setelah sempat ditunda, mata uang virtual bikinan Facebook, Libra, dikabarkan bakal hadir pada awal 2021. Kembalinya Libra kemungkinan akan turut diiringi oleh sejumlah penyesuaian.

Libra Association, konsorsium berisi 27 anggota yang dibentuk oleh Facebook, awalnya berniat merilis cryptocurrency dengan nilai berdasar beberapa mata uang.

Namun, hal ini ternyata mengundang kekhawatiran bank-bank sentral dan para regulator sehingga Libra Association kemudian memutuskan untuk membuat membuat alternatif berupa stablecoin.

Baca juga: INFOGRAFIK: Mengenal Libra, Mata Uang Kripto yang Dirilis Facebook

Stablecoin adalah cryptocurrency yang didasarkan pada mata uang tertentu sehingga nilainya tidak berfluktuasi terhadap mata uang tersebut. Misalnya, nilai stablecoin berbasis dollar AS akan tetap sebesar 1 dollar AS.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Senin (30/11/2020), stablecoin Libra pun akan bersaing dengan stablecoin lain seperti USDC, PAX, dan Tether (USDT).

Libra Association kabarnya akan turut membuat stablecoin berbasis mata uang berbeda seperti euro, poundsterling, atau dollar Singapura di kemudian waktu, berikut cryptocurrency jenis lain.

Jadwal kehadiran Libra masih belum jelas karena sedang menunggu persetujuan dari otoritas pengawas finansial Swiss untuk beroperasi sebagai layanan pembayaran. Namun, sumber industri menyebutkan bahwa Libra secepat-cepatnya bisa meluncur pada Januari 2021.

Baca juga: Visa dan Mastercard Tinggalkan Libra, Proyek Mata Uang Kripto Facebook

Facebook kemungkinan akan merilis dompet digital Libra di waktu bersamaan, yakni Calibra yang pada Mei lalu dinamai ulang sebagai Novi.

Selain lewat aplikasi standalone, pengguna Facebook kemungkinan akan bisa mengelola akun Novi dari aplikasi Facebook dan Messenger.Z

Libra Association diketahui turut beranggotakan perusahaan penyedia layanan digital seperti Spotify, Uber, Lyft, Shopify, dan Farfetch. Belum jelas apakah mereka akan turut mengadopsi Libra dalam waktu dekat atau tidak.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X