Daftar Tombol "Shortcut" di Zoom agar Rapat Lebih Mudah

Kompas.com - 30/11/2020, 19:45 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Platform video telekonferensi Zoom Meetings semakin digandrungi oleh pengguna sejak pandemi Covid-19 melanda.

Apalagi, aplikasi Zoom bisa berjalan lintas platform, sehingga pengguna smartphone bisa bertemu secara virtual di dalam satu "ruangan" dengan pengguna di PC atau laptop.

Nah, agar lebih memudahkan pengguna PC, Zoom menyediakan berbagai tombol pintasan (shortcut) yang bisa dilakukan melalui keyboard.

Tombol-tombol ini berfungsi untuk menjalankan beragam perintah di dalam aplikasi Zoom. Kombinasi tombol Alt + A pada keyboard, misalnya, bisa ditekan bersamaan untuk mematikan (mute) atau menyalakan mikrofon.

Lalu, apabila ingin mematikan webcam atau video, Anda bisa dengan mudah menekan tombol Alt + V pada keyboard secara bersamaan.

Baca juga: Zoom Rilis Fitur Keamanan Penangkal Zoombombing

Mematikan audio/video dengan cara seperti ini agaknya lebih efisien dibanding cara normal. Sebab, Anda tidak perlu meng-klik beberapa menu untuk sekadar menyalakan atau menonaktifkan sebuah fitur.

Pengguna juga tidak perlu repot-repot menjangkau mouse dan mencari di mana fitur yang ingin dimatikan berada.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar tombol shortcut untuk mengoperasikan aplikasi Zoom di komputer dengan keyboard, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman dukungan Zoom, Senin (30/11/2020)

Zoom versi Windows

Tombol pintasan umum:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.