Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S21 Bisa Buka Kunci Layar dengan Suara?

Kompas.com - 01/12/2020, 07:07 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah mempersiapkan ponsel flagship seri Galaxy S terbarunya, Galaxy S21, untuk diluncurkan pada awal 2021.

Salah satu bocoran terbaru menyebutkan bahwa Galaxy S21 akan mengusung tampilan antarmuka One UI 3.1 dan hadir dengan dukungan aplikasi asisten pribadi, Bixby Voice, yang bisa berfungsi untuk membuka kunci perangkat.

Fitur pembuka lock screen yang bernama "voice unlock ini" kemungkinan bisa menjadi alternatif apabila apabila pengguna sulit menggunakan pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21, Detail Layar dan Kamera

Voice unlock sebenarnya pernah hadir di Bixby, namun kemudian menghilang. Nah, One UI 3.1 kabarnya bakal kembali menghadirkan fitur tersebut, boleh jadi dalam versi yang lebih canggih.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Selasa (1/12/2020), membuka perangkat dengan suara sebenarnya bukanlah metode yang paling aman.

Sebab, siapa pun yang memiliki rekaman suara pengguna bisa saja membuka kunci perangkat layaknya menggunakan foto untuk menipu pengenal wajah 2D -bukan 3D seperti Face ID.

Samsung sebenarnya pernah membekali perangkat Galaxy dengan sistem biometrik berbasis pengenalan iris mata yang relatif aman. Namun, fitur ini belakangan sudah tidak disematkan lagi di ponsel-ponsel terbarunya.

Baca juga: Bocoran Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy S21

Bixby Voice sendiri merupakan teknologi asisten digital berbasis AI yang bisa diperintah menggunakan suara pengguna.

Lewat Bixby Voice, pengguna juga dapat menjalankan aneka perintah lewat suara di berbagai aplikasi, tanpa harus menyentuh atau mengusap layar smartphone.

Singkatnya, Bixby Voice merupakan asisten pintar mirip seperti Apple Siri, Google Assistant, dan Alexa dari Amazon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com