Samsung Galaxy S21 Bisa Buka Kunci Layar dengan Suara?

Kompas.com - 01/12/2020, 07:07 WIB
Bocoran gambar Samsung Galaxy S21 Ultra phonearena.comBocoran gambar Samsung Galaxy S21 Ultra
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung disinyalir tengah mempersiapkan ponsel flagship seri Galaxy S terbarunya, Galaxy S21, untuk diluncurkan pada awal 2021.

Salah satu bocoran terbaru menyebutkan bahwa Galaxy S21 akan mengusung tampilan antarmuka One UI 3.1 dan hadir dengan dukungan aplikasi asisten pribadi, Bixby Voice, yang bisa berfungsi untuk membuka kunci perangkat.

Fitur pembuka lock screen yang bernama "voice unlock ini" kemungkinan bisa menjadi alternatif apabila apabila pengguna sulit menggunakan pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21, Detail Layar dan Kamera

Voice unlock sebenarnya pernah hadir di Bixby, namun kemudian menghilang. Nah, One UI 3.1 kabarnya bakal kembali menghadirkan fitur tersebut, boleh jadi dalam versi yang lebih canggih.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Selasa (1/12/2020), membuka perangkat dengan suara sebenarnya bukanlah metode yang paling aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, siapa pun yang memiliki rekaman suara pengguna bisa saja membuka kunci perangkat layaknya menggunakan foto untuk menipu pengenal wajah 2D -bukan 3D seperti Face ID.

Samsung sebenarnya pernah membekali perangkat Galaxy dengan sistem biometrik berbasis pengenalan iris mata yang relatif aman. Namun, fitur ini belakangan sudah tidak disematkan lagi di ponsel-ponsel terbarunya.

Baca juga: Bocoran Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy S21

Bixby Voice sendiri merupakan teknologi asisten digital berbasis AI yang bisa diperintah menggunakan suara pengguna.

Lewat Bixby Voice, pengguna juga dapat menjalankan aneka perintah lewat suara di berbagai aplikasi, tanpa harus menyentuh atau mengusap layar smartphone.

Singkatnya, Bixby Voice merupakan asisten pintar mirip seperti Apple Siri, Google Assistant, dan Alexa dari Amazon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.