Menkeu Sri Mulyani kepada YouTuber: Jangan Lupa Bayar Pajak

Kompas.com - 01/12/2020, 11:10 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan seluruh masyarakat yang punya sumber pendapatan untuk membayar pajak. Tidak terkecuali para YouTuber yang mendapat penghasilan dari industri digital.

"Mendapat pendapatan dari YouTube, itu juga jangan lupa tetap bayar pajak," kata Sri Mulyani dalam acara Kemenkeu Mengajar, Senin (30/11/2020).

Penerimaan negara yang diperoleh dari pajak YouTuber tersebut, menurut Menkeu, akan digunakan untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan negara, termasukmembangun sekolah, memperluas jaringan listrik dan internet, hingga membantu masyarakat miskin.

Baca juga: YouTube Raup Pendapatan Rp 73 Triliun dari Iklan

“Semua itu butuh pembiayaan yang luar biasa, dan ini ya untuk membantu rakyat sendiri,” ujar Menkeu.

Penerimaan pajak dari YouTuber tercatat dalam penerimaan pajak penghasilan (PPh) orang pribadi (OP). Berdasarkan data terakhir, total realisasi PPh OP tercatat sebesar Rp 10 triliun sepanjang bulan Januari-Oktober 2020, tumbuh 1,18 persen secara year on year (YoY).

Pertumbuhan realisasi pajak tersebut lebih baik dibanding pos penerimaan pajak karyawan berdasarkan PPh Pasal 21.

Hingga akhir Oktober 2020, total realisasi PPh dari pos penerimaan pajak karyawan mencapai Rp 115,71 triliun dengan pertumbuhan minus 4,58 persen secara tahunan.

Baca juga: Ini 10 Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi

YouTuber bisa memperoleh pendapatan besar dari YouTube, terutama mereka yang memiliki banyak subscriber.

Pada pertengahan tahun ini, misalnya, proyeksi Social Blade yang dihimpun Kompas.com menyebutkan bahwa 10 YouTuber berpenghasilan tertinggi di Indonesia bisa mendulang ratusan juta hingga belasan miliar rupiah tiap bulan.



Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X