Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone TWS Samsung Galaxy Buds Pro Terdaftar di Kominfo

Kompas.com - 01/12/2020, 15:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Samsung dikabarkan bakal meluncurkan satu perangkat earphone wireless baru bernama Galaxy Buds Pro di Indonesia. Pasalnya, perangkat TWS itu sudah terdaftar di situs sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kemenkominfo.

Adapun situs tersebut memuat sertifikat bernomor 71683/SDPPI/2020 dengan kode "SM-R190" dan nama Galaxy Buds Pro, yang tercantum dalam kolom model dan nama.

Kehadiran Galaxy Buds Pro juga telah dikonfirmasi di halaman Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat. Lembaga ini adalah pihak berwenang yang memberi sertifikasi pada perangkat komunikasi dan elektronik di AS.

Baca juga: Membuka Kotak Galaxy S20 Plus dan Buds Plus Edisi BTS, Apa Istimewanya?

Di situs FCC, Galaxy Buds Pro juga mengusung nomor model yang sama, dengan keterangan perangkat berjenis Bluetooth Headset. Pada halaman tersebut, tampak bahwa Galaxy Buds Pro mengusung desain casing yang serupa dengan Galaxy Buds Live.

Selain itu, perangkat TWS ini disebut memiliki daya baterai 500 mAh dengan kecepatan pengisian daya 2.5 Watt. Galaxy Buds Pro sendiri kabarnya bakal dibekali dengan fitur peredam bising, Active Noise Cancellation (ANC).

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik dengan jelas tanpa gangguan suara dari sekitar.

Dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Selasa (1/12/2020), Galaxy Buds Pro juga akan membawa beberapa teknologi yang serupa dengan Galaxy Buds Live, meliputi Qi wireless charging, touch control, dan dapat dikoneksikan dengan Bluetooth 5.0.

Apabila mengacu pada harga perdana Galaxy Buds Live, diperkirakan bahwa Samsung bakal mematok harga Galaxy Buds Pro sekitar mulai dari 200 hingga 250 dollar AS (sekitar Rp 2,8 juta sampai Rp 3,5 juta).

Dengan menawarkan fitur ANC dan harga yang lebih murah, Galaxy Buds Pro diprediksi akan lahir sebagai pesaing Airpods Pro. Sebelumnya, Airpods Pro telah resmi meluncur di Indonesia pada Maret 2020 lalu.

Baca juga: Earphone Apple AirPods Pro Resmi Dijual di Indonesia, Berapa Harganya?

Meluncur bersama Galaxy S21

Meski sudah terdaftar di situs Postel, namun belum bisa dipastikan kapan Galaxy Buds Pro akan diboyong ke Tanah Air.

Galaxy Buds Pro sendiri dikabarkan bakal meluncur secara global bersamaan dengan Galaxy S21, dalam acara tahunan Galaxy Unpacked yang umumnya digelar pada awal Februari setiap tahun.

Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, gelaran akbar ini kabarnya akan diadakan lebih cepat, yakni sekitar akhir Januari dan dilanjutkan dengan penjualan perdana pada 5 Februari.

Baca juga: Samsung Galaxy S21 Bisa Buka Kunci Layar dengan Suara?

Prediksi waktu peluncuran yang lebih cepat ini senantiasa dipengaruhi oleh kehadiran dari Galaxy S21. Sebelumnya, sumber lain mengatakan bahwa pemasok komponen Galaxy S21 akan mulai mengirimkan komponen kepada Samsung jauh lebih awal dari biasanya.

Hal tersebut memperkuat dugaan bahwa Samsung memang akan "menyalahi" tradisi dan memperkenalkan Galaxy S21 dalam jadwal yang lebih awal.

Sebagai perbandingan, tahun ini Samsung memperkenalkan Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra pada pertengahan Februari 2020. Penjualan perdana ketiga ponsel tersebut dimulai pada 6 Maret 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com