Instagram Rilis Live Rooms, Siaran Langsung dengan 4 Akun Sekaligus

Kompas.com - 01/12/2020, 15:58 WIB
Fitur baru Instagram, Live Rooms India TodayFitur baru Instagram, Live Rooms

KOMPAS.com - Instagram merilis fitur baru bernama Live Rooms. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melakukan Live Streaming, namun kini bisa menampung empat (akun) pengguna sekaligus.

Instgaram mengatakan fitur ini sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia, baik berbasis Android maupun iOS. Pengguna wajib melakukan update untuk mendapatkan fitur terbaru ini.

Peluncuran fitur Live Rooms bukanlah tanpa alasan. Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian mengatakan bahwa fitur Live Rooms hadir untuk mempermudah pengguna agar bisa berkomunikasi tatap muka dengan lebih dari satu orang melalui Live Streaming.

Baca juga: Mirip Instagram dan Twitter, Spotify Juga Punya Fitur Stories

Hal itu juga dilatarbelakangi oleh meningkatnya tren live streaming selama pandemi Covid-19. Pasalnya, saat ini platform digital menjadi solusi dan penunjang aktivitas banyak orang selama berada di rumah.

"Kami sangat terinspirasi dengan kreativitas pengguna dalam memanfaatkan fitur tersebut untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kerabat, maupun audiens mereka di tengah masa pandemi ini," kata Pieter dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (1/12/2020).

Awalnya, siaran langsung di Instagram Live hanya bisa dilakukan oleh maksimal dua pengguna secara bersamaan. Kini, sejak hadirnya Live Rooms, tampilan Instagram Live memiliki empat frame yang akan diisi oleh empat pengguna sekaligus.

Instagram mengatakan bahwa Live Rooms dibekali dengan fitur keamanan. Dengan adanya fitur keamanan ini, pengguna dapat menyembunyikan komentar negatif saat Live Streaming berlangsung.

Baca juga: Pesan di Instagram dan Messenger Kini Terhapus Otomatis dengan Vanish Mode

Selain itu, apabila host memblokir pengguna (viewers) tertentu, maka mereka tidak diperbolehkan untuk bergabung kembali dalam sesi Live Streaming.

Pengguna yang dianggap melanggar Pedoman Komunitas Instagram pun juga tidak diizinkan untuk bergabung dalam Live Rooms.

KompasTekno belum kebagian update Live Rooms di aplikasi Instagram saat berita ini ditayangkan. Kemungkinan fitur ini dirilis secara bertahap untuk pengguna.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X