Cara Mengecek Sisa Kapasitas Penyimpanan Google Photos

Kompas.com - 01/12/2020, 20:02 WIB
ilustrasi Google Photos cnet.comilustrasi Google Photos
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Layanan penyimpanan berbasis  cloud, Google Photos, selama ini menyediakan penyimpanan foto dan video secara gratis tanpa ada batasan ruang.

Kemewahan itu bakal jadi kenangan. Sebab, mulai 1 Juni 2021 mendatang, ruang penyimpanan gratis yang tersedia di Google Photos akan dibatasi hanya 15 GB. Lebih dari itu, pengguna harus membayar untuk menambah kapasitas storage.

Baca juga: Tahun Depan, Penyimpanan Unlimited di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Sebelum kebijakan ini berlaku, Google akan memberikan peringatan bagi pengguna jika kapasitas penyimpanan gratis hampir mencapai 15 GB.

Google pun mengimbau agar pengguna secara rutin mengecek kapasitas penyimpanan yang sudah terpakai atau sisa ruang yang masih tersedia.

Lantas bagaimana cara mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google Photos?
Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Selasa (1/12/2020).

1. Melalui aplikasi

- Buka aplikasi Google Photos.

- Di halaman utama, klik profile picture di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan.

- Setelah itu, pilih opsi "Account Storage" 

Cara mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google PhotosKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google Photos

- Ketika di-klik, nantinya akan muncul grafik berupa tiga warna yang menampilkan rincian kapasitas penyimpanan di Google Photos.

- Warna biru untuk Google Drive, merah untuk Gmail, dan kuning untuk Google Photos.

Cara mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google PhotosKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mengecek sisa kapasitas penyimpanan Google Photos

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber GadgetsNow
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X