Slack Resmi Diakuisisi Salesforce Rp 392 Triliun

Kompas.com - 02/12/2020, 10:11 WIB
Kantor Slack DOK. TECHSPOTKantor Slack

KOMPAS.com - Perusahaan komputasi awan Salesforce mengakuisisi aplikasi komunikasi dan kolaborasi, Slack. Langkah bisnis ini diumumkan pada Selasa (1/12/2020).

Salsesforce mengakuisisi Slack dengan nilai 27,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 392,2 triliun (kurs rupiah saat berita ditulis).

Nilai akuisisi tersebut adalah belanja terbesar Salesforce sepanjang sejarah dan menjadi salah satu akuisisi terpenting di industri software.

Dalam pengumuman akuisisi, disebutkan bahwa berdasarkan ketentuan perjanjian, pemegang saham Slack akan menerima 26,79 dollar AS (sekitar Rp 379.400) per lembar secara tunai.

Mereka juga akan mendapatkan 0,0776 saham umum Salesforce untuk setiap saham Slack yang mewakili nilai perusahaan sekitar 27,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 392,3 triliun) berdasarkan penutupan saham umum Salesforce tanggal 30 November 2020.

CEO Salesforce, Marc Benioff memuji CEO Slack, Stewart Butterfield yang disebutnya telah membangun platform yang luar biasa dalam sejarah software utnuk perusahaan.

"Bersama, Salesforce dan Slack akan membentuk masa depan software perusahaan dan mentransformasi bagaimana cara orang-orang bekerja secara digital, bekerja dari mana saja di seluruh dunia," jelas Benioff.

Stewart menyambut baik apresiasi yang diberikan Salesforce, mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan kombinasi yang strategis dalam sejarah bisnis software.

"Karena software memainkan peran penting dan semakin penting dalam kinerja setiap organisasi, kami berbagi visi tentang mengurangi kompleksitas, peningkatan daya dan fleksibilitas, serta akhirnya sampai pada tingkat penyelarasan serta ketangkasan organisasi yang lebih besar," jelas Stewart sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (2/12/2020).

Slack semula adalah tools internal yang digunakan perusahaan Butterfield, Tiny Speck saat mengembangkan game online, Glitch. Platform tersebut kemudian diperkenalkan bulan Agustus 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X