Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wi-Fi Gratis di 252 Halte Bus TransJakarta

Kompas.com - 02/12/2020, 13:55 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) meresmikan layanan internet WiFi gratis yang tersebar di 252 halte Bus Rapid Transit (BRT) yang ada di seluruh koridor utama TransJakarta. Layanan ini mulai diaktifkan per 1 Desember 2020.

Layanan internet via Wi-Fi ini bisa dinikmati pengguna layanan TransJakarta yang sedang menanti kedatangan bus atau transit tanpa harus melakukan registrasi maupun memasukan kata sandi atau password.

"Wi-Fi TransJakarta saat ini sudah aktif di 252 halte BRT di seluruh koridor TransJakarta dengan kecepatan tinggi didukung dengan kapasitas bandwidth 5 Gbps," jelas Gidion Saritua, Direktur Eksekutif Transformasi Digital Teknologi Informasi TransJakarta.

Baca juga: Tips Aman Internetan dengan Wi-Fi Publik

Berbicara dalam peluncuran Wi-Fi gratis TransJakarta yang disiarkan lewat YouTube, Selasa (2/12/2020), Gidion menambahkan bahwa tiap pengguna TransJakarta bisa mengakses layanan internet dengan kecepatan hingga 20 Mbps, secara gratis dan tanpa batasan kuota.

"Seluruh pelanggan TransJakarta yang berada di halte bisa berselancar di dunia maya dan melakukan hal-hal produktif sambil menanti kedatangan bus TransJakarta," imbuh Gidion.

PT Transportasi Jakarta meresmikan WiFi gratis yang tersebar di 252 halte BRT di seluruh koridor TransJakarta.PT Transportasi Jakarta/YouTube PT Transportasi Jakarta meresmikan WiFi gratis yang tersebar di 252 halte BRT di seluruh koridor TransJakarta.

Ke depannya, Gidion menambahkan TransJakarta akan terus meningkatkan pelayanan dan kualitas internet agar lebih stabil. Rencananya, pada awal tahun 2021, TransJakarta akan menaikan kapasitas bandwidth menjadi 10Gbps.

"Wi-Fi ini aktif selama jam layanan halte. Sehingga memastikan seluruh pelanggan bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi tanpa bayar dan tanpa batas kuota," imbuh Gidion.

Baca juga: Kominfo Siapkan Internet Gratis Super WiFi, Apa Itu?

Langkah ini diapresiasi oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo. Dia mengatakan kebijakan transportasi digital pada sarana dan prasarana untuk penumpang TransJakarta, sejalan dengan kebijakan pemerintah provinsi DKI Jakarta, khususnya terkait program Jak WiFi.

"Program Jak WiFi dibangun dalam rangka memberikan kemudahan akses internet kepada masyarakat menuju standar pelayanan kota berbasis teknologi informasi dan komunikasi," jelas Syafrin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com