Wallpaper Chat di WhatsApp Bisa Dibikin Beda Tiap Kontak

Kompas.com - 03/12/2020, 07:30 WIB
ilustrasi tampilan wallpaper di kolom chat aplikasi WhatsApp thenextweb.comilustrasi tampilan wallpaper di kolom chat aplikasi WhatsApp

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp bisa mengubah wallpaper atau gambar latar belakang chat mereka. Namun biasanya, pengguna hanya bisa memilih satu gambar untuk tampil di semua ruang obrolan.

Kini WhatsApp merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih wallpaper  berbeda di setiap ruang obrolan, baik personal maupun grup.

Pengguna juga bisa mengedit warna dan mengkreasikan gambar terlebih dahulu, sebelum wallpaper tersebut digunakan.

Dalam fitur baru ini, WhatsApp juga menawarkan pilihan sejumlah wallpaper baru dengan warna cerah, warna gelap, opsi wallpaper custom, dan varian warna solid. Selain itu, pengguna juga bisa membedakan wallpaper untuk tema gelap dan terang.

Baca juga: Modus Baru Pembobolan WhatsApp dan Langkah Antisipasinya

Fitur ini juga dapat sinkron sistem di ponsel, sehingga ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, wallpaper juga akan beralih ke mode gelap. Begitu pula sebaliknya. 

Apabila ingin kembali ke wallpaper lama, pengguna bisa memilih gambar sebelumnya dari kolom Wallpaper Archive (arsip).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengatur Wallpaper yang berbeda di tiap ruang obrolan WhatsApp Android, caranya mudah. Di bagian paling atas dari laman chat, ketuk menu dengan simbol “tiga titik” kemudian pilih "Wallpaper" dan cari wallpaper yang Anda suka.

Sementara untuk pengguna iOS, akses pilihan "Info Chat/Info Grup" kemudian pilih "wallpaper & suara".

Kendati demikian, belum diketahui, apakah fitur ini juga akan tersedia di aplikasi WhatsApp versi desktop atau tidak.

Baca juga: Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp agar Mudah Dicari

Sebab, fitur ini sementara baru digelontorkan untuk pengguna WhatsApp versi mobile di platform Android dan iOS. Fitur ini pun dirilis secara bertahap kepada semua pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Next Web, Kamis (3/12/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X