TikTok Uji Coba Video Berdurasi 3 Menit

Kompas.com - 03/12/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi TikTok2 India TVNewsIlustrasi TikTok2

KOMPAS.com - Video dengan durasi yang singkat menjadi ciri khas dari TikTok selama ini. Namun, perusahaan asal China itu tampaknya ingin membuat pengalaman yang berbeda untuk penggunanya.

TikTok diketahui tengah menguji coba durasi video yang lebih panjang, yakni tiga menit. Durasi itu jauh di atas durasi orisinil TikTok yang hanya 15-60 detik. Kabar ini pertama kali diungkap konsultan media sosial, Matt Navarra melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam kicauannya, Navarra mengunggah tangkapan layar (screenshot) pembaruan dari TikTok yang menyebut bahwa dia "memiliki akses awal untuk mengunggah video berdurasi tiga menit di aplikasi TikTok dan versi dekstop".

Baca juga: Deadline Baru Penyerahan TikTok ke Perusahaan AS

Itu artinya, fitur baru ini masih sangat awal, belum merata dan kemungkinan hanya segelintir pengguna yang sudah mendapatkannya mengingat masih dalam tahap uji coba.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (3/12/2020), durasi video tiga menit membuat TikTok mirip dengan YouTube beberapa tahun lalu yang durasi maksimal video kurang dari 10 menit.

Kini, durasi video YouTube semakin panjang. Hal itu dimaksudkan untuk memberi ruang bagi pengiklan untuk menyisipkan iklan di video konten kreator.

Baca juga: Snapchat Perkenalkan Spotlight, Fitur Video Pendek Mirip TikTok

Belum diketahui apa alasan TikTok memperpanjang durasi video di platform-nya. Belum dapat dipastikan apakah hal ini terkait dengan upaya untuk menyisipkan iklan atau tidak.

Namun terlepas dari itu, durasi tiga menit memungkinkan konten video lebih variatif, seperti trailer film atau video tutorial dengan durasi lebih panjang. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara resmi dan bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna TikTok.

Sebelumnya, Instagram juga memperpanjang durasi fitur Reels yang merupakan pesaing TikTok.

Unggahan video di Reels awalnya dibatasi hanya paling lama 15 detik. Namun, lewat sebuah update, Instagram memperpanjang durasi video yang bisa diunggah hingga maksimal 30 detik.

Baca juga: Bukan Artis, Ini Dia Seleb TikTok Pertama dengan 100 Juta Follower




Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X