Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Disebut Berpotensi Jadi Pasar Layanan Cloud Berskala Besar

Kompas.com - 03/12/2020, 18:04 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia disebut berpotensi menjadi pasar yang besar bagi penyedia layanan komputasi awan (cloud).

Menurut Head of Solutions Architect ASEAN Amazon Web Service, Paul Chen, sudah banyak perusahaan digital di Indonesia yang mengadupsi teknologi cloud dalam proses bisnisnya.

Salah satu contohnya adalah aplikasi kesehatan HaloDoc. Menurut Chen, perusahaan teknologi penyedia akses layanan kesehatan ini telah lama menggunakan layanan cloud pada aplikasi bikinannya.

Secara spesifik, HaloDoc memanfaatkan layanan cloud untuk menghubungkan antara dokter dengan pasien melalui aplikasi.

Baca juga: Layanan Cloud Amazon Bisa Kenali Identitas Orang lewat Suara

"Perusahaan seperti HaloDoc telah mengadopsi ini (layanan cloud) di bidang kesehatan. Jadi, saya menganggap bahwa itu (Indonesia) sudah cukup dewasa (dalam mengadopsi layanan cloud)," kata Chen dalam acara bertajuk Amazon Web Services (AWS) Re:Invent 2020, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut, Chen menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang terkenal akan sistem pertaniannya. Oleh sebab itu, Chen juga berharap agar perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang ini agar bisa lebih memaksimalkan layanan cloud.

Karena dinilai sebagai negara yang memiliki potensi besar, Amazon Web Services (AWS) pun berencana untuk membangun data center di Indonesia pada 2021 mendatang. Kabar kehadiran data center ini sejatinya telah diumumkan oleh AWS sejak lama.

Baca juga: AWS Buka Data Center Baru di Indonesia 2021

Pada 2018, AWS bahkan telah membuka kantor di Jakarta untuk mendukung basis pelanggan yang tumbuh cepat di seluruh Tanah Air, di samping menciptakan pekerjaan baru di bidang teknologi di dalam negeri, seperti technical evangelist dan solution architect.

Jauh sebelum menjangkau Indonesia, AWS sudah lebih dulu menawarkan layanannya di berbagai negara seperti AS, Australia, Jepang, Singapura, Korea, dan berbagai negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com