Google Play Music Resmi Mati, Begini Tampilannya

Kompas.com - 04/12/2020, 15:41 WIB
ilustrasi Google Play Music ZDNet.comilustrasi Google Play Music

KOMPAS.com - Pada Agustus lalu, Google mengonfirmasi bahwa layanan streaming musik besutannya, Google Play Music (GPM) bakal disetop secara resmi pada akhir tahun 2020.

Memasuki bulan Desember, platform yang bisa memutar lagu secara offline tersebut tampaknya kini sudah benar-benar tidak bisa digunakan.

Pantauan KompasTekno, Jumat (4/12/2020), aplikasi GPM bakal menampilkan informasi bahwa layanannya sudah tidak tersedia lagi dan menyuruh pengguna untuk beralih ke platform musik besutan perusahaan lainnya, YouTube Music.

Baca juga: Tanda-tanda Google Play Music Bakal Disetop

Ilustrasi tampilan aplikasi Google Play Music ketika diakses di bulan Desember 2020.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi tampilan aplikasi Google Play Music ketika diakses di bulan Desember 2020.

Pengguna lantas terpaksa harus menekan salah satu dari dua tombol, yakni "Transfer to YouTube Music" atau "Manage Your Data".

Jika meng-klik tombol pertama, pengguna bakal dialihkan ke aplikasi YouTube Music, atau laman aplikasi tersebut di Google Play Store.

Kemudian, apabila meng-klik "Manage Your Data", pengguna akan dipaksa meng-klik tombol "Transfer to YouTube Music" untuk memindahkan segala data yang tersimpan di GPM ke aplikasi tersebut.

Baca juga: Langganan YouTube Music Premium Bisa dengan Potong Pulsa, Ini Caranya

Padahal, sekitar Oktober lalu, aplikasi ini masih bisa digunakan untuk memainkan aneka lagu yang tersimpan di media penyimpanan (storage) secara offline, meski tidak bisa mencari lagu yang ada di internet.

Tampilan awalnya memang serupa dengan gambar pertama di atas, namun tombol "Manage Your Data" digantikan dengan "No Thanks", sehingga pengguna bisa memakai aplikasi GPM untuk mendengarkan musik. Begini ilustrasinya kala itu.

Ilustrasi layanan Google Play Music yang tidak bisa dipakai untuk mencari lagu.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi layanan Google Play Music yang tidak bisa dipakai untuk mencari lagu.

Meski demikian, aplikasi GPM masih bisa dicari di Google Play Store, setidaknya berdasarkan penelusuran KompasTekno. Ada kemungkinan aplikasi tersebut bakal hilang dari toko aplikasi tersebut seiring berjalannya waktu. Namun, kepastiannya masih misterius.

Selain di aplikasi, situs music.google.com juga tampaknya sudah tidak berfungsi lagi dan bakal di-redirect untuk menampilkan halaman berisi imbauan untuk beralih ke YouTube Music.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X