Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Android Bisa Unggah Foto dan Video ke Google Street View

Kompas.com - 04/12/2020, 16:49 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - FiturStreet View di Google Maps dapat menampilkan kondisi nyata jalanan atau alamat tertentu dalam peta. Namun, tidak semua lokasi dapat ditampilkan karena belum menjangkau 100 persen jalanan di dunia.

Karena itulah Google merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah video atau foto jalanan tertentu untuk ditampilkan di Street View. Pengguna pun bisa mengunggah foto dan video tersebut langsung dari ponsel Android.

Product Manager Google Maps Street View, Stafford Marquardt mengatakan bahwa fitur ini memanfaatkan teknologi ARCore yang berfungsi untuk mengolah foto atau video yang nantinya akan ditampilkan dalam peta.

"Gambar ini bisa ditangkap berkat dukungan ARCore, yakni teknologi Augmented Reality yang kami gunakan untuk menghasilkan tampilan seperti Live View," kata Stafford dalam blog resmi Google.

Baca juga: Update Google Maps Ada Rute Khusus Untuk Pesepeda

Dengan menggunakan aplikasi Street View, cukup ambil serangkaian foto sambil bergerak maju di jalanan. Nantinya, teknologi ARCore Google akan menggabungkannya menjadi satu untuk membuatnya menjadi tampilan Street View.

Gambar itu pun akan muncul di titik jalan yang sudah disesuaikan Google di peta Google Maps.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (4/12/2020), hasil rekaman gambar yang diunggah lewat Street View juga bisa dilihat dan dijelajahi oleh pengguna lain.

Untuk keamanan, Google juga akan memburamkan objek tertentu seperti wajah manusia atau pelat nomor kendaraan.

"Kami juga memberikan kontrol privasi pada gambar yang diunggah oleh pengguna, termasuk pemburaman wajah dan pelat nomor kendaraan seperti yang Anda lihat dalam peta di aplikasi Street View," ungkap Stafford.

Baca juga: Google Maps Versi Gelap Mulai Disebar di Android

Update fitur baru di aplikasi Google Street View ini hanya tersedia di ponsel Android yang kompatibel dan sudah mendukung ARCore.

Untuk sementara, fitur ini digelontorkan bagi pengguna Android di wilayah Toronto, Austin, New York, Indonesia, Costa Rica, Kanada, dan Nigeria. Google berencana akan memperluas fitur ini ke wilayah lainnya dalam waktu dekat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com