Galaxy Note Dihentikan, Stylus S Pen Pindah ke Galaxy S dan Fold?

Kompas.com - 06/12/2020, 08:20 WIB
Bodi dan layar Galaxy Note 20 Ultra masih kokoh setelah dijatuhkn 10 kali. PhoneBuffBodi dan layar Galaxy Note 20 Ultra masih kokoh setelah dijatuhkn 10 kali.

KOMPAS.com -  Samsung selama ini memiliki dua lini ponsel flagship, yaitu Galaxy S yang biasanya dirilis di awal tahun dan Galaxy Note yang menyusul pada pertengahan tahun.

Ke depan, pabrikan Korea Selatan tersebut disinyalir bakal menghentikan Galaxy Note series karena angka permintaan smartphone premium yang menurun karena pandemi.

Salah satu rumor terkini yang beredar pun menyebutkan bahwa stylus S Pen yang menjadi ciri khas Galaxy Note bakal berpindah ke Galaxy S dan seru ponsel lipat Galaxy Fold.

Baca juga: Tanda-tanda Samsung Tak Lagi Bikin Galaxy Note Tahun Depan

Sumber industri yang berbicara kepada Reuters mengatakan bahwa Samsung belum memiliki rencana mengembangkan ponsel Galaxy Note berikutnya untuk 2021.

Sementara itu, Galaxy S21 dikabarkan akan dirilis pada awal tahun depan. Nantinya, menurut sumber, Galaxy S21 bakal dibekali dengan stylus, sedangkan ponsel lipat Samsung berikutnya juga akan mendukung S Pen.

Menurut sumber lain, Samsung kini mengalihkan resource yang biasa digunakan untuk Galaxy Note untuk pengembangan ponsel lipat Galaxy Fold.

Samsung sendiri menolak berkomentar soal ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Minggu (6/12/2020).

Seorang analis dari firma riset Counterpoint, Tom Kang, mengatakan bahwa angka penjualan ponsel Galaxy Note tahun ini diperkirakan akan turun seperlima hingga menjadi 8 juta unit.

"Angka permintaan (ponsel) premium menurun tahun ini dan tidak banyak orang yang mencari produk baru," ujar Kang.

Baca juga: Harga Galaxy S21 Akan Lebih Murah Dibanding Galaxy S20?

Penjualan seri Galaxy S juga diperkirakan bakal turun sebanyak 5 juta unit sehingga menjadi sekitar 30 juta unit pada 2020.

Lini Galaxy Note pertama kali diperkenalkan pada 2011dan mempopulerkan ukuran layar besar sehingga ketika itu disebut sebagai "phablet", gabungan kata smartphone dan tablet.

Namun, lambat laun ukuran fisik flagship seri Galaxy S pun ikut membesar sehingga menjadi sebanding dengan Galaxy Note.

Spesifikasi ponsel dari kedua lini ini pun menjadi mirip-mirip sehingga yang menjadi pembeda utama di antara keduanya hanyalah keberadaan stylus S Pen di Galaxy Note.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X