Setelah Spotify Wrapped, YouTube Music Juga Bikin Daftar Lagu Populer

Kompas.com - 07/12/2020, 13:05 WIB
Aplikasi YouTube Music The VergeAplikasi YouTube Music

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, media sosial diramaikan dengan Spotify Wrapped 2020. Seolah tak mau ketinggalan, YouTube Music turut menghadirkan daftar "2020 Year in Review" atau kilas balik untuk penggunanya.

Pengguna YouTube Music premium atau gratis cukup masuk ke aplikasi untuk mengakses daftar "2020 Year in Review" yang sudah dipersonalisasi.

Ada tiga kategori daftar kilas balik yang bisa dilihat yaitu My 2020 Year in Review, Top Songs of 2020, dan Top Pop 2020. Ketiganya disesuaikan berdasarkan minat dan kesukaan masing-masing dari pengguna.

Baca juga: YouTube Music Kini Sodorkan Lagu untuk Bahan Bikin Playlist

Sama halnya dengan Spotify Wrapped, daftar "2020 Year in Review" juga menampilkan playlist terpopuler sepanjang 2020. Di sana, pengguna dapat langsung mengetahui artis, lagu, dan genre musik teratas mereka.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Senin (7/12/2020), YouTube Music mengkategorikan berbagai genre, mulai dari pop, rock, indie, hip-hop, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya dari Spotify Wrapped, daftar "2020 Year in Review" tidak terlalu merinci data lain, seperti total durasi yang dihabiskan sepanjang 2020.

Tampilannya bisa dibilang cukup ringkas dengan hanya menyajikan folder berisi daftar lagu yang diurutkan berdasarkan kategori teratas atau terpopuler seperti di bawah ini.

Daftar My 2020 Year in Review di aplikasi YouTube Musicandroidpolice.com Daftar My 2020 Year in Review di aplikasi YouTube Music

YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming lagu mirip Spotify. Pelanggan gratis bisa streaming musik lewat aplikasi YouTube Music secara gratis dengan diselingi iklan. Bagi yang tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan.

Baca juga: Daftar Tombol Shortcut untuk Menonton YouTube

Di Indonesia, Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49.000 per bulan.

Dengan banderol harga tersebut, pengguna bisa menikmati beragam fitur ekstra YouTube Music, seperti streaming musik tanpa iklan, hingga mengunduh lagu agar bisa diputar secara offline.

Bedanya dengan Spotify, YouTube Music tidak hanya menyediakan audio namun juga video. Pengguna bisa beralih dari audio ke video atau sebaliknya, bahkan saat lagu terputar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5Google
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.