Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, PlayStation 5 Pro Segera Hadir

Kompas.com - 07/12/2020, 15:08 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber T3

KOMPAS.com - Di antara dua seteru konsol game next gen, Xbox Series X adalah yang paling bertenaga dengan daya pengolahan grafis sebesar 12 Teraflops, berbanding PlayStation 5 (PS5) yang sebesar 10,3 Teraflops.

Sony agaknya sedang menyiapkan konsol baru yang jauh lebih bertenaga. Dugaan tersebut berasal dari sebuah paten Sony yang dipublikasikan pada akhir bulan lalu.

Dalam paten berjudul "Scalable Game Console CPU/GPU Design for Home Console and Cloud Gaming" itu, disebutkan bahwa konsol game yang bersangkutan -kemungkinan PS5 Pro- bakal dibekali dengan dua pengolah grafis (GPU).

Biasanya, konsol game hanya memiliki satu unit pengolah grafis yang digabungkan dengan prosesor utama (CPU) di satu kemasan bernama Accelerated Processing Unit.

Menurut paten, konsol ini akan memiliki dua APU sehingga secara total akan memiliki dua GPU pula, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari T3, Senin (7/12/2020).

Unit GPU kedua akan "tersambung" ke unit GPU pertama untuk menambah kinerja ekstra dalam skenario gaming dan cloud streaming.

Isitlah "cloud streaming" ini boleh jadi mengacu pada perangkat atau fungsi lain yang fokus untuk menjalankan game dari cloud ala Google Stadia, berbeda dari PS5 yang digunakan untuk menjalankan game secara lokal.

Baca juga: Daftar Toko yang Buka Pre-order PS5 di Indonesia

Selain tenaga pengolahan yang lebih besar, penggunaan dua APU juga memberikan keuntungan lain, seperti kapasitas memori yang lebih besar.

Seperti PS4 sebelumnya, PS5 boleh jadi akan turut dihadirkan dalam versi lebih ramping alias "Slim", serta versi lebih bertenaga dengan julukan "Pro", seperti yang kemungkinan diungkap oleh paten tadi.

Baca juga: Rangkuman Ulasan PS5, Bongsor tapi Senyap dan Loading Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com