20 Juta Smartphone Android Ini Sengaja Disusupi Trojan

Kompas.com - 08/12/2020, 09:23 WIB
Ilustrasi malware di Android. IstIlustrasi malware di Android.

KOMPAS.com - Lebih dari 20 juta smartphone buatan Gionee diketahui telah disusupi malware jenis trojan. Alih-alih dari serangan hacker, malware ini rupanya sengaja ditanamkan oleh perusahaan pembuat ponsel itu sendiri.

Bersama dengan Beijing Baice Technology, anak perusahaan dari Gionee yakni Shenzhen Zhipu Technology diketahui telah menanamkan malware tersebut melalui pembaruan aplikasi Story Lock Screen.

Malware tersebut digunakan untuk meraup keuntungan dengan menampilkan iklan tanpa seizin pengguna. Berdasarkan setiap iklan yang diklik oleh pengguna, perusahaan bakal mendapat pundi-pundi tambahan.

Baca juga: Ratusan Aplikasi Android Terjangkit Malware Mata-mata dan Pencuri Data

Pengadilan China menemukan bahwa Gionee sudah melakukan praktik ini sejak Desember 2018 dan terus berlanjut hingga Oktober 2019. Pada saat itu tercatat ada lebih dari 26,5 juta pengguna yang terdampak.

Dalam kurun waktu tersebut, kedua perusahaan itu dilaporkan meraup pendapatan ilegal sebesar 4,2 juta dollar AS (sekitar Rp 59,3 miliar).

Pengadilan China telah menjatuhkan hukuman pada empat orang yang merupakan perwakilan dari kedua perusahaan, yakni Xu Li, Zhu Ying, Jia Zhengqiang, dan Pan Qi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (8/12/2020), keempatnya dijatuhi hukuman sebesar 3 hingga 3,5 tahun penjara dan denda sebesar 200.000 Yuan (sekitar Rp 432 juta) per orangnya.

Baca juga: Apple Kecolongan Izinkan Malware Menyusup ke MacOS

Meski mengejutkan, namun metode ini telah lumrah dijalankan oleh vendor smartphone. Sebagai informasi, Gionee merupakan vendor ponsel asal China yang berdiri sejak tahun 2002.

Gioneer sempat dinobatkan sebagai produsen terbesar di China, sebelum akhirnya diakuisisi oleh perusahaan asal India, Jain Group (Karbonn mobiles) pada 2018 lalu. Pada tahun 2012, Gionee memiliki pangsa pasar sebesar 4,7 persen di China.



Sumber gsmarena
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X