OnlyFans Juga Ingin Dipakai oleh Gamer, Musisi, dan YouTuber

Kompas.com - 08/12/2020, 13:09 WIB
Ilustrasi aplikasi OnlyFans. BloombergIlustrasi aplikasi OnlyFans.

KOMPAS.com - Pernah dengar OnlyFans? Platform yang secara harfiah memiliki arti "khusus penggemar" ini kerap diasosiasikan dengan media sosial yang "menjual" beragam foto dan video "khusus dewasa".

Namun, di balik stereotip tersebut, platform yang belakangan populer itu ternyata memiliki tujuan "mulia", yakni untuk menjadi wadah bagi para kreator konten, seperti musisi, gamer dan youtuber, yang ingin memonetisasi karyanya mereka dengan cara berbeda.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO OnlyFans, Tim Stokely, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg. Di kesempatan tersebut, Stokely bahkan mengajak kreator konten dari beragam segmen untuk bergabung dan mulai meraup pendapatan.

Baca juga: Kebijakan Baru, Twitter Larang Kicauan Berisi SARA

"Kami selalu ingin mengajak seluruh kreator dari aneka genre, seperti gaming, fitness, fashion, hingga beauty untuk bergabung. Sebab, komunitas kreator ini memang sangat beragam," ujar Stokely, dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (8/12/2020).

Terlepas dari berbagai anggapan negatif yang tersiar, Stokely mengklaim bahwa OnlyFans sendiri terus mendulang popularitas dari waktu ke waktu, apalagi di tengah pandemi.

Bahkan, ia mengatakan sudah banyak artis yang mulai melirik OnlyFans dan menggunakan platform ini untuk mempromosikan karya dan konten mereka.

Di antaranya seperti musisi The-Dream, Swae Lee, hingga Cardi B, aktris semacam Bella Thorne, Shea Coulee, hingga Michael B. Jordan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: TikTok Akan Bagi-bagi Uang Rp 2,9 Triliun untuk Kreator Konten

Berkat kepopuleran tersebut, Stokely sesumbar pendapatan OnlyFans bakal menyentuh angka 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 28,4 triliun) di tahun 2020.

Dari situ, platform tersebut hanya mengambil keuntungan 20 persen, yakni sekitar 400 juta dolar AS (sekitar Rp 5,6 triliun).

Sisanya, yakni sekitar 1,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 22,7 triliun), konon bakal jatuh ke tangan para kreator konten. Lantas, bagaimana sebenarnya mereka bisa mendapatkan uang dari OnlyFans?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X