Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Steam: AMD Mulai Kejar Intel

Kompas.com - 08/12/2020, 14:12 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua produsen chip asal Amerika Serikat, AMD dan Intel kerap berkompetisi untuk mendapatkan pangsa pasar (market share) terbesar untuk produk prosesor (CPU).

Selama bertahun-tahun AMD, belum mampu membalap Intel. Namun, perusahaan yang dipimpin Lisa Su ini perlahan-lahan mulai mengejar. 

Setidaknya begitu menurut sebuah survei bertajuk "Steam Hardware & Sofware Survey" yang dirilis platform distribusi game, Steam, setiap bulannya.

Pada survei November lalu, disebutkan bahwa pengguna Steam yang memakai CPU AMD kini tercatat di angka 26,91 persen, meningkat sebanyak 6,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: AMD Luncurkan Jajaran Kartu Grafis Radeon RX 6000 Series di Indonesia

Ilustrasi pengguna Steam yang perlahan beralih ke AMD.Steam Ilustrasi pengguna Steam yang perlahan beralih ke AMD.
Jumlah pengguna Steam yang memakai CPU Intel sendiri sebenarnya masih lebih banyak dari CPU AMD, yakni berkisar 73,09 persen.

Namun, penggunanya, apabila melihat ilustrasi grafik di atas, tampak kian lesu dalam waktu setahun setahun belakangan, alih-alih merangkak naik seperti AMD.

Lantas, apa yang membuat CPU AMD makin diminati oleh pengguna Steam?

Menurut sejumlah laporan, hal tersebut didorong oleh pandemi yang memaksa pengguna untuk mencari komponen hardware murah meriah.

Konsumen pun memilih membeli CPU AMD yang dikenal lebih terjangkau dibanding CPU bikinan Intel.

Baca juga: ARM Bocorkan Performa CPU dan GPU Ponsel Android Keluaran 2021

Selain itu, teknologi fabrikasi yang diusung oleh kedua perusahaan juga disinyalir menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli CPU.

Saat ini, prosesor seri Ryzen besutan AMD sendiri sudah dimanufaktur menggunakan fabrikasi 7nm. Contohnya keluarga Ryzen 5000 terbaru yang dibuat menggunakan arsitektur anyar, Zen 3.

Dengan arsitektur tersebut, prosesor ini diklaim 26 persen lebih ngebut untuk bermain game dibanding generasi sebelumnya (Zen 2), serta 16 persen lebih mumpuni untuk memproses intstructions per cycle (IPC).

Sedangkan prosesor tercanggih Intel dari keluarga Tiger Lake masih dibuat dengan fabrikasi 10nm yang dijuluki "10nm SuperFin" sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Toms Hardware, Selasa (8/12/2020).

Sehingga, wajar saja apabila konsumen memilih CPU yang angka fabrikasinya lebih kecil, lantaran biasanya lebih mumpuni dan hemat daya.

Hasil survei juga menyebut bahwa sebagian besar pengguna Steam ternyata tidak memilih kartu pengolah grafis (GPU) bikinan Intel atau AMD untuk kinerja visual.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com