Akun WhatsApp Anda Terancam Dimatikan, Ada Syarat dan Ketentuan Baru

Kompas.com - 09/12/2020, 07:12 WIB
Ilustrasi WhatsApp The VergeIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp dapat kehilangan akun mereka jika tidak menyetujui syarat dan ketentuan baru yang akan diluncurkan pada Februari 2021 mendatang.

Sebuah tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan situs WABetaInfo menunjukkan bahwa pengguna wajib menerima syarat dan ketentuan kebijakan privasi baru, atau menghapus akun mereka jika tidak setuju.

Sebagai informasi, situs WABetaInfo kerap memberikan bocoran-bocoran tentang fitur baru WhatsApp dengan akurat sebelum resmi diluncurkan.

Laporan WABetaInfo menyebutkan bahwa pembaruan syarat dan ketentuan ini akan lebih banyak mencakup tentang bagaimana data pengguna diproses serta layanan lainnya.

Kendati demikian belum diketahui secara rinci seperti apa persyaratan baru yang harus disetujui pengguna tersebut.

Baca juga: Mengapa Orang Amerika Serikat Jarang Pakai WhatsApp?

"Dengan menekan tombol 'setuju' maka Anda menyetujui persyaratan baru kami akan akan efektif mulai 8 Februari 2021. Setelah tanggal ini, Anda harus menyetujui peraturan baru agar tetap bisa menggunakan layanan WhatsApp, atau Anda bisa menghapus akun milik Anda," bunyi pengumuman tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembaruan syarat dan kebijakan ini juga akan mencakup informasi tentang penggunaan layanan WhatsApp Business. Pengguna akun WhatsApp bisnis dapat menggunakan layanan hosting dari Facebook untuk menyimpan dan mengelola percakapan.

Dirangkum KompasTekno dari Business Today, Rabu (9/12/2020) juru bicara WhatsApp pun mengonfirmasi kabar ini. Ia mengatakan bahwa semua pengguna harus menyetujui persyaratan baru paling lambat 8 Februari tahun depan jika mereka ingin terus mengakses aplikasi.

Kendati demikian, WABetaInfo juga menyatakan bahwa tanggal yang disebutkan di atas dapat berubah dan persyaratan yang diperbarui kemungkinan akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang.

Selain itu, WABetaInfo juga mengatakan bahwa WhatsApp telah merilis pembaruan untuk iOS (2.20.130) dan Android (2.20.206.19).

Baca juga: Modus Baru Pembobolan WhatsApp dan Langkah Antisipasinya

WhatsApp juga disebut akan meluncurkan fitur baru yang berguna untuk mengumumkan informasi spesifik kepada pengguna lewat aplikasi. 

Fitur tersebut konon hanya akan digunakan jika WhatsApp mengumumkan adanya fitur baru atau informasi lain, dan bukan untuk iklan.

Baru-baru ini, WhatsApp juga meluncurkan sejumlah pembaruan baru seperti fitur pencarian stiker, wallpaper khusus untuk ruang chat tertentu, pesan yang bisa terhapus otomatis, hingga fitur untuk mematikan notifikasi dari grup selamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.