Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Tagar Terpopuler di Twitter Indonesia Selama 2020

Kompas.com - 09/12/2020, 19:05 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai peristiwa dan momen besar telah mewarnai tahun 2020. Tak jarang, momen tersebut turut diperbincangkan dimedia sosial, salah satunya Twitter.

Sebagai salah satu media sosial yang populer di Indonesia, Twitter telah menjadi tempat kumpul bagi warganet untuk membicarakan berbagai hal.

Penggunaan tagar/hashtag (#) menjadi salah satu cara untuk mendapatkan informasi secara cepat. Hal tersebut sejalan dengan fungsi yang dimiliki tagar, yakni untuk mengumpulkan informasi terkait tweet yang diunggah oleh pengguna.

Baca juga: Kebijakan Baru, Twitter Larang Kicauan Berisi SARA

Mengikuti tradisi yang sudah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya, Twitter Indonesia kembali merilis sebuah laporan bertajuk #RameDiTwitter2020 dan dirangkum KompasTekno, Rabu (9/12/2020).

Adapun laporan tersebut berisi deretan tagar yang paling banyak digunakan oleh pengguna Twitter asal Indonesia di sepanjang tahun 2020.

Berikut ini adalah 10 tagar terpopuler di Twitter Indonesia sepanjang 2020. :

1. #gagalkanomnibuslaw
Sebagai salah satu tagar yang paling populer di Twitter, #gagalkanomnibuslaw memperingati momen penolakan Omnibus Law RUU Cipta Kerja yang dicanangkan DPR RI pada Juli lalu.

Tagar ini merupakan aksi protes tidak langsung dari para pengguna Twitter yang tidak berkesempatan untuk mengikuti aksi unjuk rasa di jalan akibat pandemi Covid-19.

2. #agnation
Tagar #agnation muncul sebagai bentuk dukungan kepada Agnez Mo yang kembali masuk ke dalam nominasi iHeart Radio Music Awards 2020.

3. #fotoprofilbaru
Sempat populer di tahun 2019, tagar ini kembali banyak digunakan masyarakat Indonesia setelah mereka sukses mengganti foto profil akun Twitter pribadi miliknya.

Baca juga: Mirip Instagram dan Twitter, Spotify Juga Punya Fitur Stories

4. #covid19
Tagar #covid19 ramai digunakan setelah maraknya kasus penyebaran virus Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara. Tak hanya di Indonesia, tagar ini juga sempat menduduki peringkat teratas trending topic di Twitter secara global.

5. #dirumahaja
Kemunculan hashtag ini sejalan dengan kebijakan work from home (wfh) yang digaungkan Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu. Tagar #dirumahaja kemudian banyak digunakan sebagai bentuk apresiasi warganet dalam mendukung gerakan social distancing.

6. #mutualankuy
Tagar #mutualankuy sempat mengisi trending topic Twitter Indonesia. Penggunaan tagar ini dimaksudkan untuk mengajak pengguna Twitter lain untuk saling follow, baik di media sosial Twitter ataupun Instagram.

7. #mufc
Di sepanjang tahun 2020, tagar #mufc banyak digunakan untuk membicarakan pertandingan sepak bola yang diikuti oleh klub raksasa Liga Inggris Manchester United. Tagar ini merupakan akronim dari Manchester United Football Club.

8. #banjir
Kemunculan tagar yang satu ini menyimpan salah satu memori kelam di tahun 2020. Tagar #banjir banyak digunakan warganet untuk menyampaikan rasa kecewa akibat banjir besar, salah satunya yang sempat terjadi di awal tahun baru 2020.

9. #malamjumat
Tagar #malamjumat sendiri banyak disematkan pada tweet-tweet berisi kisah horor yang umumnya diunggah oleh warganet setiap Kamis malam.

10. #itsokaytonotbeokay
Tagar yang satu ini sempat populer berkat melejitnya popularitas drama korea populer Netflix, yang berjudul It's Okay To Not Be Okay.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com