Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dirilis Hari Ini, Cyberpunk 2077 Langsung Pecahkan Rekor

Kompas.com - 10/12/2020, 22:18 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah didahului dengan berbagai penundaan, CD Projekt Red (CDPR) akhirnya resmi meluncurkan game Cyberpunk 2077 pada hari ini, Kamis (10/12/2020).

Game action role-playing itu kini sudah tersedia pada PC (Steam dan Epic Games Store), setelah sebelumnya meluncur terlebih dahulu di PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

Meski belum genap berumur satu hari, namun Cyberpunk 2077 sukses menuai antusiasme yang besar dari para penggemar.

Hal tersebut terlihat dari tingginya jumlah gamer yang memainkan Cyberpunk 2077 secara bersamaan di platform distribusi Steam. Angkanya mencapai lebih dari satu juta.

Baca juga: Ini Dia Spesifikasi Minimum untuk Main Cyberpunk 2077 di PC

Cyberpunk 2077 pun memecahkan rekor pemain concurrent game single player terbanyak di Steam. Pemegang rekor sebelumnya adalah game Fallout 4 yang mencatat sekitar 472.000 pemain aktif bersamaan saat peluncurannya di 2015.

Biasanya, game yang mencatat jumlah concurrent player tinggi di Steam merupakan jenis multiplayer, seperti misalnya CS: GO dan DotA 2. Sementara itu, Cyberpunk 2077 tidak menyediakan fitur multiplayer.


Saking tingginya angka pemain Cyberpunk 2077, server Steam bahkan sempat dikabarkan mengalami crash, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Clutch Points, Kamis (10/12/2020).

Momen ini kemudian turut dibagikan oleh Pawel Sasko selaku Lead Quest Designer of Cyberpunk 2077. Melalui akun Twitter pribadinya, Sasko juga turut mengungkapkan rasa terima kasih kepada para penggemar.

"Kami baru saja mencapai 1 juta pemain aktif di Steam. Terima kasih banyak!" tulis Sasko dalam kicauannya.

Baca juga: The Game Awards 2020 Digelar Besok Pagi, Begini Cara Menontonnya

Cyberpunk 2077 versi PC bisa didapatkan di Steam dengan harga Rp 700.000. Pemain yang berminat untuk membeli game bisa langsung mengunjungi laman Steam dengan mengakses tautan berikut.

Rekor concurrent player terbanyak di Steam dicatat oleh game multiplayer Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) yang sempat dimainkan oleh lebih dari 3,2 juta gamer secara bersamaan pada 13 Januari 2018. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com