Ponsel Mi 10T Pro Sempat Tak Dapat Sinyal, Ini Penjelasan Xiaomi

Kompas.com - 11/12/2020, 10:12 WIB
Mi 10T Pro. KOMPAS.com/Bill ClintenMi 10T Pro.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Mi 10T dan 10T Pro adalah dua ponsel teranyar Xiaomi yang baru saja diboyong ke Indonesia. Dua hari sebelum meluncur, tepatnya pada Minggu (6/12/2020), KompasTekno mendapat unit Mi 10T Pro untuk keperluan penjajalan.

Saat hendak mencobanya, KompasTekno menemukan kendala. Unit Mi 10T Pro ini ternyata tidak bisa mendapat sinyal seluler. Indikator sinyal perangkat tetap menunjukkan status "no signal", padahal kartu SIM sudah terpasang dan terdeteksi oleh ponsel.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T dan 10T Pro Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Saat dicek di situs database Kementerian Perindustrian pun, nomor IMEI ponsel sudah terdaftar di sana. Artinya, Mi 10T di tangan KompasTekno memang barang resmi yang semestinya bisa terhubung ke jaringan seluler di Indonesia.

Apa mau dikata, ponsel tetap tidak mendapat sinyal saat menggunakan slot kartu SIM kedua dan mengganti kartu dengan operator lain.

Ilustrasi Mi 10T Pro yang tidak mendapatkan sinyal seluler.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi Mi 10T Pro yang tidak mendapatkan sinyal seluler.
Namun persoalan tersebut tak berlangsung lama. Sehari setelah peluncuran resminya hari Rabu (9/12/2020), unit Mi 10T Pro KompasTekno tiba-tiba mendapat sinyal seluler, baik
untuk slot kartu SIM 1 maupun SIM 2.

Gara-gara loading IMEI

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ditanyai soal hilangnya sinyal seluler Mi 10T Pro saat sesi tanya jawab setelah acara peluncuran ponsel tersebut, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menjelaskan permasalahan itu diakibatkan oleh proses verifikasi (loading) IMEI.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap serta Harga Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro di Indonesia

"Kami paham betul bahwa proses loading ini memakan waktu. Namun, hal ini hanya bersifat sementara," jelas Alvin kepada KompasTekno.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, menggenggam Mi 10T dan Mi 10T Pro.KompasTekno Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, menggenggam Mi 10T dan Mi 10T Pro.

Selain KompasTekno, masalah serupa juga bisa dialami oleh pemilik ponsel Mi 10T atau Mi 10T Pro lainnya karena Alvin mengatakan bahwa hal ini menimpa "sebagian kecil" pengguna kedua ponsel.

Dia menuturkan bahwa pihak Xiaomi akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk memperlancar masalah seputar IMEI.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.