Kompas.com - 12/12/2020, 15:16 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor dilaporkan telah mengakuisisi perusahaan pengembangan dan pembuatan robot, Boston Dynamics.

Meski belum dikonfirmasi secara resmi oleh Hyundai, konon, nilai akuisisi tersebut mencapai 921 juta dollar AS atau sekitar Rp 13 triliun.

Akuisisi ini dilakukan sejalan dengan kesepakatan dan langkah yang diambil oleh Chairman Hyundai Motor Group Chung Euisun sejak mulai menjabat pada Oktober lalu.

Pada bulan November, sumber dalam industri menyebut bahwa Hyundai Motor telah melibatkan Goldman Sachs sebagai penasihat hukum untuk mengurus proses akuisisi Boston Dynamics, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Extreme Tech, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: Kampus Jepang Gelar Wisuda Online dengan Robot di Tengah Wabah Corona

Hyundai sendiri diketahui banyak berinvestasi di teknologi robot sejak beberapa tahun terakhir dan berencana menanam modal hingga 1,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19,7 triliun di industri robotik pada 2025 mendatang.

Akuisisi Boston Dynamics pun kemungkinan bakal mendorong sejumlah inisiatif baru yang akan dikembangkan oleh Hyundai ke depannya.

Sempat dimiliki Google dan SoftBank

Boston Dynamics didirikan pada 1992 oleh Marc Raibert, seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology. Perusahaan ini bergerak di bidang perancangan dan pengembangan perangkat robotik.

Pada 2013, Boston Dynamics kemudian diakuisisi oleh perusahaan induk Google, Alphabet Inc. Empat tahun berselang, Google akhirnya menjual Boston Dynamics ke perusahaan telekomunikasi, SoftBank, pada 2017.

Beberapa robot yang telah dikembangkan oleh Boston Dynamics diantaranya yaitu BigDog, Spot, Atlas, Cheetah, WildCat, dan lainnya.

Baca juga: Marinir Melatih Robot Perang Google

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.