Pendiri Zoom Meeting Jadi "Business Person of the Year 2020" Versi Majalah Time

Kompas.com - 12/12/2020, 19:20 WIB
CEO Zoom, Eric S. Yuan. Twitter/@ericsyuanCEO Zoom, Eric S. Yuan.

KOMPAS.com - Pendiri platform video konferensi Zoom, Eric Yuan didapuk sebagai Business Person of the Year 2020 oleh majalah Time. Wajah Yuan menghiasi salah satu sampul majalah asal New York ini bersama dengan beberapa wajah tokoh lainnya.

Sampul edisi tutup tahun itu mengilustrasikan antarmuka Zoom, di mana ada banyak foto profil peserta video konferensi yang tampil dalam format galeri. Foto profil Eric Yuan lantas disorot di antara foto peserta lainnya.

Zoom menjadi salah satu platform paling populer tahun ini di kala dunia sedang berjuang melawan pandemi. Saat wabah Covid-19 menerjang dunia sejak awal tahun, pemerintah di banyak negara mengeluarkan imbauan agar warganya meminimaisir aktiviats di luar rumah.

Walhasil, mereka memanfaatkan platform video konferensi seperti Zoom untuk bekerja atau sekadar bersua dengan kerabat dan kolega tanpa harus keluar rumah. Sebelumya, Zoom lebih banyak digunakan oleh perusahaan atau pebisnis untuk melakukan rapat jarak jauh.

Dalam wawancara virtualnya dengan majalah Time, Yuan tidak pernah menduga sekalipun akan terjadi pandemi yang mendongkrak penggunaan platform besutanya.

"Kami tidak pernah memikirkan pengguna umum maupun sekolah K-12 (konsep pendidikan dari TK-SMA) ketika merencanakan tahun 2020," jelas pria kelahiran Tai'an, Shandong, China, 50 tahun lalu ini.

Yuan baru menyadari beberapa pekan setelah wabah Covid-19 diumumkan menjadi pandemi, bahwa platformnya memainkan peran penting di tengah pagebluk corona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya lembaga pendidikan, pengguna biasa, atau perusahaan, Zoom juga digunakan oleh pejabat pemerintah untuk melangsungkan rapat online bersama jajarannya.

Pengguna Zoom pun meroket, dari 10 juta pengguna pertemuan harian di bulan Desember, menjadi 300 juta pada bulan April. Walhasil, nilai saham Zoom ikut menanjak dan menjadikan Eric Yuan salah satu pebisnis terkaya yang masuk daftar majalah Forbes.

Baca juga: Panduan Aman untuk Peserta dan Admin Meeting Online via Zoom

Tahun 2020, ada 267 pendatang baru yang masuk daftar orang terkaya versi majalah Forbes, salah satunya adalah Yuan yang menempati urutan ke-106 dengan total kekayaan 17,4 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 245 triliun (kurs Rp 14.150).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.