Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti iPhone, Galaxy S21 Dijual Tanpa Charger dan Earphone?

Kompas.com - 13/12/2020, 08:03 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber phonearena

KOMPAS.com - Kebijakan Apple untuk tidak menyertakan charger dan earphone dalam paket pembelian iPhone 12 nampaknya akan diikuti oleh pesaing terbesarnya, Samsung.

Pabrikan ponsel asal Korea Selatan tersebut kabarnya akan meniadakan dua aksesori dimaksud dalam kotak penjualan flagship Galaxy S berikutnya, yaitu Galaxy S21.

Berdasarkan rumor yang beredar, ada tiga model berbeda dari Galaxy S21, masing-masing dengan nomor model SM-G991B, SM-G996B, dan SM-G998B.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger dan Earphone, Ini Penjelasan Apple

SM-G991B disinyalir merupakan nomor model seri Galaxy S21 Reguler, SM-G996B mengacu pada varian Galaxy S21 Plus, dan SM-G998B untuk model Galaxy S21 Ultra.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (13/12/2020), ketiga nomor model Galaxy S21 itu dilaporkan telah disertifikasi oleh badan telekomunikasi Brasil, ANATEL.

Sindiran Samsung untuk Apple lewat akun Facebookfacebook.com/Samsung Sindiran Samsung untuk Apple lewat akun Facebook

Dalam dokumen tersebut, terungkap bahwa calon ponsel flagship Samsung yang disinyalir merupakan Galaxy S21 itu akan datang tanpa disertai charger.

Di samping itu, ANATEL juga mengatakan bahwa Samsung juga akan menghilangkan aksesori earphone dalam kotak pembelian Galaxy S21 Series.

Meski demikian, kabar ini masih belum dikonfirmasi kebenarannya. Pasalnya, Samsung juga belum mengumumkan rencana tersebut secara gamblang.

Baca juga: Resmi, iPhone 12 Bisa Dibeli di Indonesia Mulai 18 Desember

Namun, apabila rumor tersebut akurat, maka peminat Galaxy S21 agaknya bakal harus menyediakan budget ekstra membeli charger dan earphone secara terpisah, seperti juga pembeli seri iPhone 12.

Sempat menyindir Apple

Kalau ternyata benar, rencana menjual Galaxy S21 tanpa charger dan earphone ini agak ironis karena sebelumnya Samsung sendiri sempat mengejek Apple karena menghilangkan charger di dalam kotak pembelian iPhone 12.

Pada Oktober lalu, akun Facebook resmi Samsung mengunggah foto aksesori charger dengan caption yang menyindir Apple.

Baca juga: Bocoran Harga Samsung Galaxy S21, Termurah Rp 12 Juta

"Produk Galaxy kami memberikan apa pun yang Anda butuhkan, mulai dari charger, kamera, baterai, kinerja, memori yang andal, bahkan layar dengan 120 Hz," tulis Samsung dalam unggahannya.

Samsung juga sempat mengutarakan sindirannya terkait tema "Hi, Speed" yang dipakai Apple dalam acara peluncuran iPhone 12. Akun Twitter resmi Samsung mengatakan mereka lebih dulu menghadirkan ponsel berbekal konektivitas tinggi 5G.

"Beberapa orang hanya menyapa dengan kata-kata 'Hi, Speed', kami sudah berteman lebih dulu dengan sebutan itu. Dapatkan perangkat Samsung Galaxy 5G Anda sekarang di tautan ini," tulis Samsung dalam kicauannya.

Apple sendiri berdalih bahwa aksesori charger dan earphone dihilangkan dari kemasan iPhone untuk mengurangi sampah elektronik di lingkungan.

Baca juga: iPhone 12 Dijual Tanpa Charger, Ini Daftar Harganya jika Dibeli Terpisah

Namun, banderol iPhone tetap sama meskipun datang tanpa dua aksesori tersebut sehingga beban untuk membeli charger dialihkan ke pundak konsumen.

Apabila dibeli terpisah, maka pemilik iPhone 12 harus mengeluarkan tambahan uang untuk membelipengisi daya. Harganya mulai Rp 399.000 untuk charger dengan keluaran daya terkecil (5 watt) dan sekitar Rp 280.000 untuk kabel USB A ke Lightning terpendek (0,5 meter).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber phonearena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com