Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Search Bisa Tampilkan 50 Hewan Virtual lewat Augmented Reality

Kompas.com - 14/12/2020, 14:16 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Google menyediakan fasilitas augmented reality (AR) untuk melihat aneka hewan secara virtual, hanya dengan mengetikkan kata kunci di situs mesin pencarinya.

Belakangan, jumlah hewan itu bertambah. Ada sekitar 50 hewan baru yang bisa dilihat lewat AR Google. Hal tersebut diumumkan oleh Google dalam sebuah kicauan lewat akun resminya di Twitter.

Baca juga: Google Umumkan Deretan Aplikasi Android Terbaik 2020, Ini Daftarnya

"Cari hewan favorit Anda di aplikasi mobile Google, lalu tekan "View in 3D" untuk melihatnya di ruangan sekitar," kicau Google.

Lewat fitur ini, hewan virtual akan muncul di hasil pencarian saat pengguna mencari jenis-jenis hewan tertentu, seperti kucing, anjing, beruang, panda, penguin, landak, tupai, macan, dan lainnya.

Cara menemukan mereka pun cukup mudah. Pertama-tama, buka halaman utama pencarian Google dan masukkan jenis hewan pada kolom pencarian. Kata kunci tersebut bisa berasal dari bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Sebagai contoh, ketik hewan dengan kata kunci "Tiger" alias macan. Setelah itu, Google akan menampilkan beragam hasil penelusuran terkait hewan yang dimaksud.

Google AR (Animal)9to5google.com Google AR (Animal)

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Senin (14/12/2020), nantinya di hasil pencarian teratas akan muncul sebuah kartu AR dengan nama "Meet a life-sized (Tiger) up close".

Jika ingin menempatkan hewan virtual tersebut ke "dunia nyata", pengguna cukup mengklik "view in your space". Lalu, izinkan Google untuk mengakses kamera ponsel dan hewan lantas akan hadir secara virtual di depan pengguna lewat aplikasi kamera.

Gambar 3D dari hewan tersebut bisa dipindahkan, difoto, diperbesar atau diperkecil, serta mampu bergerak dan mengeluarkan suara raungan yang terdengar mirip dengan aslinya.

Baca juga: Ini Daftar Game Android Terbaik 2020 Pilihan Google

Fitur AR ini mengandalkan sistem ARCore yang dipadankan modul kamera dan sensor gerakan untuk memunculkan obyek secara tiga dimensi.

ARCore sendiri tersemat di aplikasi Google Play Services for AR yang hanya mendukung sistem operasi (OS) Android 7.0 atau yang lebih baru. Aplikasinya bisa diunduh di tautan berikut.

Sementara untuk perangkat berbasis iOS, ARCore bisa berjalan di iOS versi 11 ke atas. Daftar lengkap ponsel yang bisa menampilkan hewan virtual ini dapat dilihat di link ini. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com