Kompas.com - 14/12/2020, 19:08 WIB
Kantor Google di Singapura. TechcrunchKantor Google di Singapura.

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google dilaporkan bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB. Layanan Google yang tumbang (down) antara lain Gmail, YouTube, Google Maps, Google Drive, dan lainnya.

Sejumlah pengguna beramai-ramai mengeluhkan YouTube error, Gmail tidak bisa cek e-mail, Google Maps tidak bisa dipakai, dan berbagai keluhan lainnya.

Pengguna Android pun mengeluhkan tidak bisa mengakses Play Store, baik mengunduh maupun melihat daftar aplikasinya.

Baca juga: Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam

Layanan video call Google Meet juga terkena imbasnya, tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Berdasarkan pantauan KompasTekno dari situs DownDetector, hampir seluruh layanan Google menunjukkan peningkatan jumlah laporan down. Layanan Google yang dilaporkan down, mulai dari Blogger, Drive, YouTube, Play, dan Gmail.

Baca juga: YouTube Error, Ini Tanggapan YouTube

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keluhan layanan Google down ini tak hanya disuarakan pengguna dari Indonesia. Sejumlah negara lain juga mengeluhkan permasalahan yang sama.

KompasTekno sedang berusaha menghubungi pihak Google Indonesia terkait permasalahan ini. Sejauh ini belum ada informasi dari Google kapan layanan mereka kembali normal.

Baca juga: Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X