YouTube, Gmail dkk Kembali Normal, "Down" 30 Menit

Kompas.com - 14/12/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. Yudha Pratomo/KompasTeknoIlustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.
|

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google yakni YouTube, Gmail, Google Drive, hingga Google Maps dilaporkan bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB. Setelah tumbang sekitar 30 menit, layanan tersebut sudah kembali normal.

Dari pantauan KompasTekno, layanan Google sudah bisa diakses kembali sekitar pukul 19.30 WIB. YouTube, Gmail, Google Drive, dan Google Maps sudah dapat digunakan baik di desktop maupun mobile.

KompasTekno mencoba sejumlah layanan tersebut dengan mengirim e-mail, mengunggah dokumen di Google Drive, membuka YouTube, dan mengaktifkan navigasi di Google Maps. Hasilnya, semua fungsi sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, pihak YouTube pun telah memberi tanggapan terkait hal ini melalui akun Twitter resminya.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyadari dan tengah menyelidiki. Kami akan mengabari Anda di sini segera setelah mendapat lebih banyak berita".

Sejumlah pengguna beramai-ramai mengeluhkan YouTube error, Gmail tidak bisa cek e-mail, Google Maps tidak bisa dipakai, dan berbagai keluhan lainnya.

Baca juga: YouTube, Gmail, Play Store Down!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna Android pun mengeluhkan tidak bisa mengakses Play Store, baik mengunduh maupun melihat daftar aplikasinya.

Layanan video call Google Meet juga terkena imbasnya, tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi. Berdasarkan pantauan KompasTekno dari situs DownDetector, hampir seluruh layanan Google menunjukkan peningkatan jumlah laporan down.

Layanan Google yang dilaporkan down, mulai dari Blogger, Drive, YouTube, Play, dan Gmail.

Baca juga: Layanan Down, Google Dominasi Trending Topic di Twitter

KompasTekno sedang berusaha menghubungi pihak Google Indonesia terkait permasalahan ini.

Ini bukan pertama kalinya layanan Google mengalami tumbang. Pada pertengahan November lalu, YouTube juga sempat dilaporkan bermasalah dan tidak dapat diakses.

Baca juga: Facebook, WhatsApp, dan Instagram Sudah 4 Kali Down Bersamaan di 2019



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X