Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Jelaskan Penyebab YouTube, Gmail, dkk Tumbang Tadi Malam

Kompas.com - 15/12/2020, 08:16 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah layanan Google, antara lain YouTube, Gmail, Google Drive, Google Hangouts, dan Google Meet, sempat bermasalah pada Senin (14/12/2020) sekitar pukul 18.55 WIB.

Menurut situs DownDetector, laporan gangguan layanan Google tercatat memuncak sejak pukul 06.25 pagi ET atau sekitar pukul 18.25 WIB. Gangguan tersebut dikatakan terjadi selama lebih kurang satu jam.

Dalam laman Google status dashboard, Google sendiri menyadari adanya gangguan pada layanannya. Namun, tim teknisi Google memberikan informasi terbaru soal gangguan ini.

Baca juga: Layanan Down, Google Dominasi Trending Topic di Twitter

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa tumbangnya layanan Google terjadi mulai pukul 03.47 PT (sekitar pukul 18.47 WIB) dan berlangsung sekitar 45 menit.

Menurut Google, gangguan ini bukan disebabkan oleh serangan pihak ketiga, melainkan masalah yang ditemukan pada kuota penyimpanan internal.

Meski begitu, Google tidak menjelaskan secara rinci mengenai "penyimpanan internal" yang dimaksud.

"Gangguan yang terjadi ini merupakan kesalahan besar kami (Google)," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

"Semua layanan kami saat ini sudah kembali normal. Kami (Google) meminta maaf kepada semua pengguna yang terdampak. Kami akan meninjau lebih lanjut dan memastikan bahwa gangguan seperti ini tidak akan terulang kembali," kata Google.

Di Indonesia sendiri, gangguan terjadi sekitar pukul 18.55 WIB. Pengguna melaporkan tidak bisa membuka YouTube, Gmail, Google Drive, dan layanan toko aplikasi Android Play Store.

Baca juga: 5 Momen Tumbangnya Layanan Google Sepanjang 2020

Tumbangnya YouTube juga memunculkan tagar #YouTubeDOWN yang menjadi trending topic Twitter di Indonesia pada Senin (14/12/2020) malam.

Pihak YouTube melalui akun Twitter-nya membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum diterangkan.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube. Tim kami telah menyelidiki masalah tersebut. Kami akan memberi update secepatnya terkait permasalahan ini," jelas YouTube.

Sekitar 30 menit berselang, layanan YouTube di Indonesia pun mulai berangsur normal sekitar pukul 19.35 WIB.

Baca juga: Cara Mengetahui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan YouTube Sedang Error

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com