Dari Pandemi hingga Bu Tejo, Ini Daftar Video Terpopuler di YouTube Indonesia Selama 2020

Kompas.com - 15/12/2020, 12:11 WIB
Ilustrasi YouTube cnet.comIlustrasi YouTube
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - YouTube kembali merilis daftar 10 video yang paling populer (trending) di Indonesia sepanjang tahun. Pada 2020 ini, aneka video yang menarik minat para penonton di Tanah Air tampak dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 dan new normal.

Salah satunya adalah video yang diunggah kanal Kementerian Kesehatan RI berjudul "Ayo Jaga Keluarga dan Bangsa Indonesia dengan Mencegah Penularan COVID-19!".

Seperti namanya, video berdurasi sekitar 30 detik ini menjelaskan cara untuk menjauhkan diri dari Covid-19 melalui serangkaian protokol kesehatan.

Selain video kesehatan, beragam video kategori hiburan juga kembali mejeng di daftar video YouTube terpopuler 2020. Video ini boleh jadi ramai ditonton untuk melepas penat selama berdiam diri di rumah.

Baca juga: YouTube, Gmail, Play Store Down!

Beberapa di antaranya adalah video permainan (gameplay) dari salah satu game yang populer di tahun ini, WormZone.io. Video tersebut diunggah kanal Frost Diamond dan BiGet Master.

Selain itu, ada pula video pendek berjudul "Tilik" dengan karakter ikoniknya, Bu Tejo, yang turut masuk dalam daftar video YouTube terpopuler sepanjang 2020 ini.

Di samping video trending, YouTube juga merilis daftar video musik terpopuler di Indonesia. Dari 10 video musik, 9 di antaranya merupakan video musik lokal, mengindikasikan bahwa pengguna YouTube Indonesia masih melirik para musisi Tanah Air.

Ada pula daftar kreator konten terpopuler, serta daftar kreator konten yang berhasil mendapat jumlah subscriber terbanyak pada 2020. Kedua daftar tersebut untuk pertama kalinya dirilis YouTube Indonesia pada tahun ini.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar video terpopuler di YouTube Indonesia sepanjang tahun 2020, beserta video musik dan daftar kreator konten terpopuler di Indonesia, sebagaimana keterangan resmi YouTube yang diterima KompasTekno, Selasa (15/12/2020).

Perlu dicatat, daftar ini tidak disusun berdasarkan urutan video yang paling banyak ditonton atau kreator konten yang paling banyak subscriber-nya.

Baca juga: Setelah Spotify Wrapped, YouTube Music Juga Bikin Daftar Lagu Populer

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.