Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Momen Tumbangnya Layanan Google Sepanjang 2020

Kompas.com - 15/12/2020, 13:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna internet ramai-ramai mengeluhkan layanan Google yang tumbang pada Senin (14/12/2020) malam. Pengguna mengeluh tidak bisa mengakses YouTube, mengecek e-mail Gmail, membuka Google Drive, Google Maps, Play Store, dan mengakses Google Meet.

Warganet berbondong-bondong mengeluhkannya di Twitter hingga membuat trending topic lewat sejumlah tagar, seperti #YouTubeDown dan #Google.

Hal ini sedikit banyak menunjukan betapa tergantungnya pengguna internet pada hampir semua layanan di ekosistem Google, baik untuk bekerja maupun sekadar hiburan.

Tumbangnya layanan Google pada 14 Desember bukanlah pertama kali. Sepanjang 2020, setidaknya layanan di ekosistem Google pernah tumbang sebanyak lima kali.

Layanan yang tumbang tidak selalu merata. Terkadang, gangguan hanya dialami sebagian produk dan terdampak di sebagian wilayah.

1. 15 Mei 2020

Pada tanggal 15 Mei 2020 lalu, layanan berbagai video YuTube dilaporkan mengalami gangguan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

YouTube tidak bisa diakses sekitar pukul 06.00 WIB. Pihak YouTube mengatakan masalah terjadi sekitar 20 menit sebelum akhirnya kembali pulih. Namun tidak dijelaskan apa penyebab gangguan tersebut.

Baca juga: YouTube Down Sempat Dikeluhkan Jumat Pagi Ini

2. 20 Agustus 2020

Dua bulan berikutnya, layanan Google kembali dilaporkan bermasalah, yakni Gmail, Google Drive, Google Meet serta YouTube. Sejumlah pengguna mengaku gagal mengunggah lampiran di Gmail atau mengunggah Google Drive.

Mereka juga tidak bisa mengunggah video baru di YouTube. Masalah ini terjadi di sebagian negara, seperti India, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Malaysia, dan Indonesia.

Pihak Google mengatakan terjadi masalah pada server yang dialami sejumlah layanannya, namun tidak menjelaskan lebih lanjut terkait masalah tersebut.

Baca juga: Layanan Gmail, Google Drive, dan YouTube Dilaporkan Tumbang di Berbagai Negara

Ilustrasi. Ilustrasi.
3. 25 September 2020

Bulan berikutnya, tepatnya tanggal 25 September, layanan Google lain menyusul error. Layanan Google Meet, Google Drive, dan Google Classroom dilaporkan tidak bisa digunakan.

Di Indonesia, gangguan tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, di saat sebagian pekerja dan banyak sekolah melangsungkan kegiatan secara daring karena pandemi.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com