Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 5.4 Resmi Dikenalkan, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kompas.com - 15/12/2020, 15:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global mengumumkan kehadiran ponsel Nokia terbarunya, yakni Nokia 5.4. Ponsel ini merupakan penerus dari seri Nokia 5.3, yang telah diluncurkan pada April lalu.

Global Head of Product Marketing at HMD Global, Adam Ferguson menyebut bahwa Nokia 5.4 hadir dengan sejumlah keunggulan, salah satunya berasal dari sektor fotografi.

"Nokia 5.4 dapat memungkinkan pengguna untuk mengambil video dan foto seperti layaknya seorang profesional," kata Adam dalam konferensi pers virtual yang digelar Senin (14/12/2020).

Baca juga: Nokia 225 4G Resmi Meluncur, Harga Rp 600.000-an

Nokia 5.4 memiliki bentang layar seluas 6,67 inci dengan resolusi HD Plus. Sementara pada pojok kiri atas layar, terdapat sebuah lubang kamera yang menampung kamera depan beresolusi 16 MP.

Sementara di bagian belakang, terdapat empat kamera yang disusun secara simetris dalam modul berbentuk lingkaran, beserta sensor pemindai sidik jari (fingerprint) di bawahnya.

Adapun konfigurasi keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 5 MP, kamera 2 MP macro, dan kamera depth 2 MP.

Deretan kamera ini mendukung beragam fitur fotografi dan videografi, yang mencakup Portrait Mode, Night Mode, noise cancellation, dan image stabilization.

Baca juga: Survei: Nokia Merek Ponsel Terbaik di Era Sebelum iPhone

Untuk sektor dapur pacu, Nokia 5.4 mengandalkan System-on-Chip (SoC) Snapdragon yang dipadukan dengan dua kombinasi RAM dan storage, yaitu 4 GB/64 GB dan 4 GB/128 GB.

Di sisi software, ponsel ini akan hadir dengan sistem operasi Android 10. Nokia berjanji pengguna Nokia 5.4 dapat memperbarui sistem operasi ke Android 11 pada kuartal I-2021 mendatang.

Untuk urusan daya, Nokia 5.4 mengandalkan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang sudah mendukung fast charging 18 Watt. Konektor yang digunakan adalah USB tipe C.

Nokia 5.4 hadir dalam dua varian warna, yakni polar night dan dusk. HMD Global juga menyertakan bonus satu screen protector pada kotak pembelian Nokia 5.4.

Baca juga: Google dan Qualcomm Suntik Dana ke HMD Global, Ingin Bangkitkan Lagi Nokia?

HMD Global belum memberikan informasi tanggal peluncuran global Nokia 5.4, hanya mengatakan bahwa ponsel tersebut akan dipasarkan secara global pada Desember ini dengan harga 189 euro (sekitar Rp 3,2 juta).

Sedangkan untuk pasar Indonesia, HMD Global hanya memberi patokan Nokia 5.4 dijual di Tanah Air pada akhir kuartal I-2021.

HMD Global juga memperkenalkan sejumlah aksesori yang dapat dibeli secara terpisah, seperti fast wall charger 18 Watt, fast car charger 18 Watt, Nokia clear case, Nokia 5.4 grip dan stand case.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com