Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 14.3 dan iPadOS 14.3, Fitur Apa Saja yang Baru?

Kompas.com - 15/12/2020, 15:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple kembali merilis update sistem operasi (OS) untuk perangkat iPhone dan iPad. iOS 14.3 dan iPadOS 14.3 resmi digelontorkan dan membawa sederet fitur anyar.

iOS 14.3 mengoptimalkan kamera di iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max. Kedua iPhone terbaru ini kini dapat mengambil gambar dengan format ProRAW.

Fitur ini memungkinkan perangkat untuk menghasilkan foto yang detail. Selain itu, sejumlah elemen foto tersebut, seperti warna, exposure, white balance, dll, bisa dimodifikasi sedimikian rupa.

Selain itu, perangkat yang terpasang iOS 14.3 dan iPadOS 14.3 juga kini mendukung berbagai layanan dan ekosistem produk terbaru Apple, seperti Apple Fitness+ dan AirPods Max. Meski demikian, layanan Apple Fitness+ belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: iOS 14.2 Bikin Baterai iPhone Berkurang 50 Persen dalam 30 Menit

Ada pula beberapa fitur yang hadir di sejumlah aplikasi bawaan perangkat, seperti fitur kualitas udara di aplikasi Weather, Maps, dan Siri, tab Apple TV+ di aplikasi Apple TV, opsi mesin pencari (search engine) Ecosia di aplikasi Safari, dan masih banyak lagi.

Selebihnya, pembaruan iOS 14.3 dan iPadOS 14.3 menambal sejumlah bug yang ditemukan. Seperti bug yang menghalangi pesan multimedia (MMS) masuk, folder aplikasi yang tidak bisa dibuka, fitur Bluetooth yang tidak bisa diakses di menu Settings, dan lain sebagainya. 

Informasi lengkapnya bisa disimak di daftar release notes yang dilansir MacRumors dan dihimpun KompasTekno, Selasa (15/12/2020) di tautan berikut.

Pembaruan iOS 14.3 dan iPadOS 14,3 ini berukuran sekitar 5 GB dan sudah bisa diunduh secara over-the-air (OTA) di berbagai iPhone dan iPad yang mendukung.

Adapun perangkat yang mendukung sistem operasi ini mulai dari iPhone 6s hingga iPhone terbaru, dan iPad Air 2 hingga iPad keluaran terbaru.

Baca juga: Ini Dia, Daftar Game dan Aplikasi iOS Terbaik 2020

Biasanya, update sendiri bisa didapatkan secara otomatis. Hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi khusus di perangkat.

Namun, apabila tidak mendapatkan notifikasi pembaruan iOS 14.3 dan iPadOS 14.3, pengguna iPhone dan iPad bisa memperbarui sistem secara manual dengan mengakses menu "Settings" > "General" > "Software Update".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com