Oppo Pamerkan Konsep Ponsel Lipat Tiga

Kompas.com - 16/12/2020, 12:49 WIB
Oppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan phonearena.comOppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan

KOMPAS.com - Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat, atau foldable phone terus berlanjut. Kini, giliran Oppo yang memamerkan rancangan desain perangkat lipat bikinannya.

Vendor asal China tersebut baru-baru ini memperlihatkan rancangan ponsel lipat dengan mekanisme layar yang bisa dilipat tiga.

"Hari ini kami ingin memperlihatkan konsep ponsel baru yang kami rancang bersama dengan studio desain asal Jepang, Nendo. Ini adalah "slide-phone" dengan mekanisme layar lipat tiga engsel #OPPOxnendo," jelas Oppo dalam kicauannya.

 Baca juga: Apple Disebut Mulai Uji Coba iPhone Lipat

Tidak seperti Huawei Mate X atau Samsung Galaxy Z Fold, perangkat lipat besutan Oppo ini memiliki tiga engsel khusus yang didesain sedemikian rupa.

Sebagai smartphone lipat, ponsel ini memiliki layar yang bisa ditekuk secara horizontal di bagian tengah, atas, dan bawah, ala ponsel clamshell, sehingga berubah bentuk menjadi lebih ringkas.

Oppo menyebut desain ini dengan istilah "slide-phone" yang diartikan bahwa layar ponsel bisa dibentangkan secara keseluruhan, sehingga bentuk perangkat terlihat memanjang.

Ketika dalam keadaan dilipat, layar utama ponsel ini akan terbagi menjadi tiga bagian. Dari desainnya, Oppo terlihat merancang ponsel lipat tersebut dengan bentuk yang kompak agar mudah dibawa.

Baca juga: Samsung Disebut Siapkan 5 Ponsel Lipat Tahun Depan

Oppo juga menempatkan kamera belakang di bagian bawah. Sehingga, ketika dalam kondisi dilipat dua kali, kamera tersebut dapat digunakan sebagai kamera depan (selfie).

Oppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatanXDA-Developers.com Oppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan

Ketika layar dibuka satu kali, pengguna bisa melihat notifikasi dan tampilan fitur lainnya seperti kamera atau aplikasi pemutar musik.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (16/12/2020), konsep ponsel lipat ini merupakan kolaborasi antara Oppo dengan rumah produksi desain asal Jepang yaitu Nendo.

Meski demikian, hal ini baru sebatas bocoran konsep sementara dan belum dapat dipastikan apakah desain tersebut akan benar-benar direalisasikan oleh Oppo atau tidak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X