Mulai 2021, Ponsel Android dan iPhone Jenis Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Kompas.com - 18/12/2020, 09:12 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

KOMPAS.com - Baru-baru ini, WhatsApp mengonfirmasi bahwa pihaknya bakal menghentikan dukungan platform layanan perpesanannya di sejumlah ponsel Android dan iOS, yang masih menggunakan sistem operasi (OS) lawas, mulai 2021 mendatang.

Lewat publikasi di blog resmi WhatsApp, ponsel-ponsel yang akan dilanjutkan dukungannya adalah:

- Ponsel Android dengan OS Android 4.0.3 atau yang lebih baru

- iPhone dengan iOS 9 atau yang lebih baru

- KaiOS 2.5.1 atau yang lebih baru

- JioPhone dan JioPhone 2

Agar bisa terus menggunakan aplikasi WhatsApp, pengguna pun disarankan untuk memperbarui sistem operasi di ponsel mereka ke versi terbaru.

Baca juga: Akun WhatsApp Anda Terancam Dimatikan, Ada Syarat dan Ketentuan Baru

Untuk perangkat iOS, model iPhone 4 dan varian di atasnya akan kehilangan dukungan WhatsApp. Artinya, mereka yang menggunakan iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S harus memperbarui sistem operasinya ke iOS 9 atau yang lebih baru.

Baca juga: iOS 12.5 Meluncur untuk iPhone Lawas

Sementara untuk pengguna Android, WhatsApp akan menghentikan dukungan aplikasinya pada ponsel yang masih menjalankan versi OS Android yang lebih lawas dari versi 4.0.3.

Beberapa ponsel Android yang masih memakai OS yang lebih lawas dari 4.0.3 di antaranya adalah HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr, Samsung Galaxy S2, dan lainnya.

Sebelum melakukan update, pengguna bisa mengecek terlebih dulu sistem operasi yang berjalan di perangkatnya. Untuk ponsel Android, pengecekan bisa dilakukan dengan membuka menu "Settings", kemudian pilih opsi "About Phone".

Baca juga: 5 Fitur Baru yang Berguna di WhatsApp dan Cara Memakainya

Setelah itu, pengguna akan disodorkan dengan tampilan yang memuat segala informasi tentang smartphone, termasuk versi OS Android yang membekali ponsel mereka.

Perlu dicatat, kemungkinan langkahnya akan sedikit berbeda di masing-masing merek ponsel Android.

Sementara untuk perangkat iOS, pengguna cukup membuka menu "Settings", kemudian pilih "General", lalu klik "Software Update". Pengguna pun bisa melihat informasi rinci terkait iPhone mereka, termasuk versi OS ponsel tersebut.

Baca juga: Mengapa Orang Amerika Serikat Jarang Pakai WhatsApp?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X