Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Tarik Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store dan Tawarkan Refund

Kompas.com - 18/12/2020, 14:10 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Dalam waktu singkat sejak diluncurkan, game bikinan CD Projekt Red (CDPR), Cyberpunk 2077, sudah banjir komplain. Para gamer mengeluhkan banyaknya bug dan error yang mengganggu jalannya permainan.

Mulai dari frame rate yang tidak stabil, penurunan kualitas visual hingga terjadinya crash. Semua gangguan tersebut dialami pemain Cyberpunk 2077 di semua platform, tapi paling parah di konsol game versi dasar seperti PlayStation 4 reguler (non-Pro).

Demi mencegah masalah berlarut-larut, Sony selaku pemilik PlayStation pun mengambil langkah ekstrem dengan menarik peredaran Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store. Game ini tidak bisa lagi ditemukan di toko PlayStation tersebut.

Baca juga: Kompilasi Review Cyberpunk 2077, Bagus di PC Jeblok di Konsol

Selain itu, Sony turut menawarkan opsi refund (pengembalian dana) kepada para pemilik Cyberpunk 2077 versi PlayStation yang enggan untuk menunggu pembaruan bug dari CDPR. Informasi soal mekanisme refund bisa dilihat di tautan berikut.

"Begitu kami sudah mengkonfirmasi bahwa Anda membeli Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store, kami akan segera memproses pengembalian dana. Harap dicatat waktu penyelesaian refund bervariasi, tergantung metode pembayaran," tulis Sony.

Dalam tanggapannya mengenai keputusan Sony menarik Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store, CDPR mengatakan para pemilik game tersebut akan terus mendapat update dan support. Game yang kadung dibeli juga akan terus bisa dimainkan.

"Gamer masih bisa membeli kopi fisik dari game tersebut (Cyberpunk 2077) lewat toko ritel," tulis CDPR, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (18/12/2020).

Selain PlayStation Store, keberapa kanal resmi gaming lainnya seperti Xbox dan Steam juga turut menawarkan proses refund kepada para pemainnya.

Baca juga: Game Bermasalah, Pengembang Cyberpunk 2077 Minta Maaf dan Tawarkan Refund

Pemain Xbox One dan Xbox Series X/S dapat melakukan proses refund dalam kurun waktu 14 hari setelah pembelian game dilakukan. Pihak Steam juga memberlakukan kebijakan serupa dengan Microsoft.

Bedanya, terdapat kondisi tambahan dimana game hanya boleh dimainkan dengan waktu bermain (play time) kurang dari dua jam. Apabila melebihi batas waktu tersebut, pengguna Steam tidak dapat mengajukan proses refund Cyberpunk 2077.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini halaman yang memuat informasi mengenai proses refund pada Xbox dan Steam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com