Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp di Komputer Bakal Bisa Dipakai Telepon dan Video Call

Kompas.com - 20/12/2020, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp dikabarkan tengah menggelontorkan salah satu fitur yang bisa dibilang paling dinanti oleh para pengguna WhatsApp Web di komputer (PC laptop/desktop), yakni fitur panggilan suara (voice call) dan video (video call).

Berdasarkan informasi dari situs pembocor yang biasa membagikan fitur teranyar WhatsApp, WABetaInfo, kedua fitur tersebut konon sudah bisa dijajal oleh segelintir pengguna WhatsApp Web, begitu juga WhatsApp Desktop (versi aplikasi).

WABetaInfo pun menguak bagaimana nantinya fitur voice dan video call bakal tampak di WhatsApp Web/Desktop. Kedua fitur tersebut bakal diwakili oleh dua ikon, yakni ikon "gagang telepon" untuk voice call, dan ikon "perekam video" untuk video call.

Baca juga: Mulai 2021, Ponsel Android dan iPhone Jenis Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Kedua ikon ini kompak diletakkan di pojok kanan atas pada tampilan jendela percakapan, tepat di sebelah kiri ikon fitur Search yang menyerupai kaca pembesar. Karena masih dalam tahap uji coba, kedua ikon ini juga dilengkapi dengan embel-embel "Beta".

Ilustrasi fitur voice dan video call di WhatsApp Web. Ada pula jendela pop-up yang bakal muncul ketika pengguna melakukan panggilan. WABetaInfo Ilustrasi fitur voice dan video call di WhatsApp Web. Ada pula jendela pop-up yang bakal muncul ketika pengguna melakukan panggilan.

Ketika melakukan panggilan suara/video dengan mengklik salah satu ikon tadi, pengguna bakal disodori dengan sebuah jendela pop-up.

Jendela ini diisi oleh beragam tombol, seperti tombol memulai video, membungkam (mute) suara, hingga mengakhiri panggilan. Ada pula sebuah tombol "tiga titik" horisontal yang bakal memunculkan opsi panggilan lainnya.

Baca juga: Facebook Diminta Jual Instagram dan WhatsApp

Selain melakukan panggilan, pengguna juga bisa menerima panggilan suara/video dari pengguna lainnya.

Panggilan yang masuk juga bakal diinformasikan melalui sebuah jendela pop-up yang berisi foto profil orang yang menelepon, lengkap dengan ikon "X" untuk menolak, ikon "gagang telepon" untuk menjawab, dan tombol "Ignore" untuk mengabaikan panggilan.

Ilustrasi jendela pop-up di WhatsApp Web yang menginformasikan bahwa ada panggilan masuk.WABetaInfo Ilustrasi jendela pop-up di WhatsApp Web yang menginformasikan bahwa ada panggilan masuk.

Meski sudah diketahui wujudnya seperti apa, WABetaInfo tidak mengumbar versi WhatsApp Web/Desktop berapa yang kedatangan fitur voice dan video call ini.

Namun, kedua fitur tersebut sempat hadir di WhatsApp Web versi 2.2043.7, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Minggu (20/12/2020).

Pihak WhatsApp sendiri belum mengumbar kapan fitur ini bisa dijajal oleh khalayak. Namun, WABetaInfo memprediksi bahwa sejumlah pengguna bakal kebagian fitur baru tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga: Akun WhatsApp Anda Terancam Dimatikan, Ada Syarat dan Ketentuan Baru

Sebagai informasi, pengguna WhatsApp Web sendiri sebenarnya sudah bisa melakukan panggilan video, bahkan jumlah yang bisa ditampung mencapai 50 partisipan.

Hanya saja, kegiatan tersebut mengandalkan fitur Rooms yang disediakan oleh platform Facebook Messenger.

Untuk memakainya, pengguna cukup meng-klik ikon "tiga titik" vertikal yang berada di bagian atas tampilan WhatsApp Web, tepat di sebelah kanan ikon "New chat", dan meng-klik menu "Create a room".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com